Breaking News:

PON Papua 2021

Emilia Nova Pastikan Diri Tampil di PON XX Papua Perkuat Kontingen DKI Jakarta

Atlet lari gawang andalan Indonesia, Emilia Nova dipastikan bakal tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Emilia Nova 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Atlet lari gawang andalan Indonesia, Emilia Nova dipastikan bakal tampil pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Di PON nanti Emilia Nova membela kota kelahirannya, DKI Jakarta.

Jelang tampil di PON, kini Emil sapaan akrabnya punya persiapan khusus pasalnya ia baru saja menjalani operasi patah tulang punggung tiga bulan lalu.

Untuk itu, saat tampil di PON Papua peraih medali emas SEA Games 2019 tersebut tak pasang target tinggi.

“Kondisi sudah mulai kuat, tapi kan yang pasti masih ada trauma. Jadi PON ini Emil jadiin buat hilangi trauma karena akan tahun depan ada kejuaraan besar SEA Games, Asian Games,” kata Emil saat dihubungi Tribunnews, Selasa (14/9/2021).

“Di PON juga Emil tidak ada target waktu, jadi benar-benar buat mengembalikan kepercayaan diri dulu,” sambungnya.

Seperti diketahui, pada perhelatan PON 2016 di Jawa Barat, Emil sukses meraih tiga medali emas, masing-masing dari nomor lari gawang 100 meter, sapta lomba dan estafet 4x100 meter.

Sementara itu dalam persiapan kali ini selain menjalani latihan, Emil juga rajin menjalani therapy guna memperkuat bekas operasinya.

Emil membeberkan dampak dari cedera yang dialami faktor kecepatan dan kekuatan masih menurun dan akan ditempa kembali di sisa persiapan ini.

“Emil sih baru mulai latihan gawang seminggu, tapi ya karena therapy terus jadi tidak terlalu turun banget. Tinggal hilangi trauma pas mendarat saja tapi sekarang sudah tidak kerasa,” kata Emil.

“Banyak yang tanya Emil ikut PON tidak sih, karena kan dalam waktu tiga bulan habis operasi bisa ikut itu kan cepat banget. Kalau teknik gawang tidak akan hilang, karena akan nomor teknik paling speed menurun, terus juga saya belum bisa beban berat jadi mungkin power belum maksimal, tapi alhamdulillah habis operasi ditangani dokter yang bagus malah dokternya lebih optimis daripada Emil,” pungkasnya.

Emil dijadwalkan berangkat ke Papua pada 2 Oktober 2021 atau H-3 sebelum jadwal perlombaan.

Tim atletik DKI Jakarta menurunkan sebanyak 32 atlet yang tampil di 25 nomor dari 48 nomor yang dipertandingkan. Dari 32 atlet atletik, tim DKI diperkuat tujuh atlet Pelatnas yang salah satunya Emilia Nova.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved