Peparnas Papua 2021

Pos Perbatasan Indonesia-Papua Nugini Selalu Ramai saat PON dan Papernas, Ini Sebabnya

jarak PLBN Skouw memang tak begitu jauh dari kota Jayapura. Bila menggunakan mobil, perjalanan hanya sekitar satu jam setengah.

Tribunnews/Abdul Majid
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Papua Nugini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA – Administrator Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Papua Nugini, Yan Z Numberi mengatakan selama kegiatan Pekan Olahraga Nasional  (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas), PLBN Skouw tidak pernah sepi dari pengunjung.

Seperti diketahui, jarak PLBN Skouw memang tak begitu jauh dari kota Jayapura. Bila menggunakan mobil, perjalanan hanya sekitar satu jam setengah.

Selain jaraknya yang tidak begitu jauh, para pengunjung kebanyakan ingin mengabadikan momen di daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Baca juga: PLBN Skouw Akhirnya Kembali Terang Benderang, Listrik Sudah Menyala Sejak Minggu Malam Ini

Bahkan, ada pula yang mengatakan belum ke Jayapura atau ke Papua kalau belum mengunjungi PLBN Skouw.

“Selama kegiatan PON dan Peparnas di Papua kami dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Papua Nugini ini menerima pengunjung datang ke sini. Tempat ini jadi satu ikon utama dimana belum datang ke PLBN ini berarti mereka belum ke Papua, juga belum datang ke Jayapura,” kata Yan kepada wartawan, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Dansatgas Pamtas RI-PNG Lapor ke Jokowi Pintu PLBN Skouw Masih Ditutup Sejak Februari

Administrator Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Papua Nugini, Yan Z Numberi
Administrator Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Papua Nugini, Yan Z Numberi saat memberikan penjelasan soal PLBN Skouw disaat adanya gelaran PON dan Peparnas, Kamis (11/11/2021).

“Jadi seluruh kontingen PON dan Peparnas ini semua bergantian datang jadi sehari itu sampai 1500 pengunjung dan kami memberikan prioritas khusus,” sambungnya.

Untuk mengunjungi PLBN Skouw, para pengunjung harus datang di jam operasional yakni buka pada jam delapan pagi dan tutup pada jam empat sore.

“Waktu yang kami sediakan di sini mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore itu sudah tutup dan tidak ada lagi kegiatan di Pos Lintas Batas ini, karena ini batas negara jadi kita sesuaikan dengan waktu yang ditetapkan,” jelasnya.

Selain PLBN Skouw, Papua juga menyajikan spot-spot lainnya yang kerap dikunjungi para atlet yang sudah menjalani perlombaan.

Spot menarik lainnya di Papua antara lain Bukit Teletubbies, Tugu MacArthur, Danau Sentani, Bukit Jokowi, Teluk Youtefa dan danau Love.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved