MotoGP

Sempat Dikeluhkan Pebalap MotoGP, Trek Sirkuit Mandalika Rampung Diaspal Ulang

Pekerjaan resurfacing dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 5-9 Maret 2022 lebih cepat dari yang ditargetkan yaitu pada 10 Maret 2022.

TRIBUN LOMBOK/SINTO AIRLANGGA
Pengelupasan aspal sirkuit Mandalika menggunakan cold milling machine (CMM) lalu kemudian dilakukan pengaspalan ulang, Kamis (3/3/2022), Pengaspalan ulang dilakukan untuk gelaran MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang. TRIBUN LOMBOK/SINTO AIRLANGGA 

Sempat Dikeluhkan Pebalap MotoGP, Trek Sirkuit Mandalika Rampung Diaspal Ulang

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pembalap MotoGP sempat mengeluhkan kondisi aspal pada Sirkuit Mandalika yang digunakan pada tes pramusim. 

Keluhan itu kemudian ditindaklunjuti.

Proses pengaspalan ulang (resurface) aspal di area maintrack Sirkuit Mandalika dengan total panjang 1,6 kilometer sebagai bentuk perbaikan, telah selesai dikerjakan.

Pekerjaan resurfacing dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 5-9 Maret 2022 lebih cepat dari yang ditargetkan yaitu pada 10 Maret 2022.

Baca juga: Daftar Rincian Harga Tiket MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika

Truk yang mengangkut material pengalaspalan berupa batu dan kerikil ke tikungan 17 sirkuit Mandalika, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang dilakukan untuk gelaran MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang. TRIBUN LOMBOK/SINTO AIRLANGGA
Truk yang mengangkut material pengalaspalan berupa batu dan kerikil ke tikungan 17 sirkuit Mandalika, Sabtu (5/3/2022). Pengaspalan ulang dilakukan untuk gelaran MotoGP pada 18-20 Maret 2022 mendatang. TRIBUN LOMBOK/SINTO AIRLANGGA (TRIBUN LOMBOK/SINTO AIRLANGGA)

"Seluruh proses berlangsung lancar dan kami dapat menyelesaikannya lebih awal dari waktu yang dijanjikan," kata Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Andi Gani mengatakan kualitas aspal Sirkuit Mandalika merupakan yang terbaik. 

Dia mengatakan, Sirkuit Mandalika telah siap digunakan untuk ajang MotoGP dalam waktu dekat. 

"Kami merespons keluhan pembalap saat tes pramusim. Secara garis besar kualitas perbaikan aspal sudah sangat maksimal dan siap digunakan untuk gelaran MotoGP pada 18- 20 Maret 2022 mendatang," ujarnya.

Baca juga: 3 Ribu Tiket MotoGP Mandalika Murah Belum Laku, 476 Kamar Hotel Masih Kosong

Pengaspalan ulang dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga 5,5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan sirkuit yang sepanjang 4,31 kilometer tersebut.

Ia menjelaskan, dalam proses pengaspalan ulang terdiri atas tiga lapisan. 

Lapisan pertama, ada Wearing Course.

Lapisan tersebut terdiri dari Stone Masthic Aspalt yang merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan aspal.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved