SEA Games Vietnam

PB ISSI Siapkan Uji Coba di Eropa Untuk Tim Sepeda Indonesia

Tim Sepeda Indonesia pada nomor pertandingan Cross Country atau XCO Pria sukses menduduki dua podium utama pada SEA Games ke-31 di Vietnam.

Editor: Toni Bramantoro
Tribunnews.com/Alfarizy AF
Jadi Rajagukguk (Kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan, saat setelah penyambutan kedatangan pesepeda Indonesia di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/5/2022) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Tim Sepeda Indonesia pada nomor pertandingan Cross Country atau XCO Pria sukses menduduki dua podium utama pada SEA Games ke-31 di Vietnam.

Tak lain, dua pesepeda itu ialah Zaelani Fanani dan Ihza Muhammad yang turun pada nomor pertandingan yang sama.

Terpaut waktu hanya 2 menit 33 detik, Zaelani berhasil mengamankan medali emas, setelah pada SEA Games sebelumnya di Filipina ia harus puas berada di posisi 5.

Menyikapi hal tersebut, Jadi Rajagukguk pejabat Komite Eksekutif (KE) NOC Indonesia yang juga Wakil Ketua umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengatakan akan terus meningkatkan kapasitas atletnya.

Langkah selanjutnya yang diambil oleh PB ISSI dengan mempersiapkan para atlet untuk menjalani Try Out atau percobaan di benua Eropa.

"Kami sudah melakukan program-program unggulan, dan akan melakukan try ut mungkin di Eropa agar atlet kita bisa sejajar dengan atlet dunia," ujar Jadi saat setelah penyambutan kedatangan tim MTB-XCO di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/5/2022).

Jadi mengklaim, try out yang akan dilakukan guna meningkatkan kemampuan serta kapasitas atlet Indonesia agar bisa setingkat dengan Atlet dunia lainnya.

"Jadi harus lebih maksimal lagi karena masih ada multievent yang rencananya akan diadakan tahun depan," ujar Jadi Rajagukguk.

Diketahui sebelumnya, Zaenal finis pada posisi pertama dengan waktu 1 jam 16,41 menit setelah melibas empat lap track dengan lintasan sejauh 5,2 Km (total 20,8 Km).

Sementara itu, pertandingan yang diselenggarakan di Hoa Binh Gymnastics and Sports Center, posisi kedua diisi oleh Ihza Muhammad.

Pesepeda 24 tahun itu menyelesaikan finis dengan selisih 2 menit 33 detik dengan Zaelani yaitu 1 jam 19,14 menit. 

Total keseluruhan medali yang didulang dari tim sepeda Indonesia dalam ajang SEA Games Vietnam, berjumlah dua medali emas dan dua medali perak.

Medali emas diraih Tiara Andini Prastika yang turun pada nomor downhill putri, sementara perak dari Andy Prayoga dari downhill putra. (M39)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved