Nirmala Dewi Berharap Timnas Bolabasket 5x5 Putra Memanfaatkan Tur Ke Australia

Timnas Bolabasket 5x5 Putra bertolak ke Australia. Perjalanan ke Negeri Kanguru untuk memantapkan persiapan menuju FIBA Asia Cup 2022 Juli nanti.

Editor: Toni Bramantoro
Dok. pribadi
Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Timnas Bolabasket 5x5 Putra bertolak ke Australia. Perjalanan ke Negeri Kanguru untuk memantapkan persiapan menuju FIBA Asia Cup 2022 Juli nanti. Di sana, timnas akan menjalani 10 pertandingan uji coba.

"Kami ingin anak-anak mendapatkan pembelajaran langsung dimana level bolabasket di Australia itu yang kita tahu adalah rangking ketiga di FIBA dunia," ungkap Manajer Timnas Bolabasket 5x5 Putra, Jeremy Imanuel Santoso.

Timnas Bolabasket 5x5 Putra    1
Timnas Bolabasket 5x5 Putra

Timnas akan berada di Australia hingga 15 hari ke depan. Selama itu, mereka akan menjalani 10 uji coba melawan klub NBL1.

Ada Diamond Valley Eagles, Wyndham, Eltham Wildcats, Waverley Falcons, Sunshine Coast Phoenix, juga South West Metro Pirates. Kemudian Southern District Spartans, Logan Thunder, Ipswich Force, dan Brisbane Capitals.

"Mereka memiliki postur-postur pemain dan memiliki cara bermain yang sangat tinggi. Jadi di Australia ini mempersiapkan secara langsung anak-anak melawan level bolabasket yang jauh lebih tinggi dari SEA Games. Itu harapan kami di Australia dengan memainkan 10 game," ujarnya.

Try out di Australia ini, sebanyak 16 pemain diboyong. Mereka adalah kombinasi pemain yang meraih emas di SEA Games Hanoi lalu ditambah pemain muda.

Mereka masuk untuk mengisi slot yang ditinggalkan Hardianus Lakudu karena cedera. Kemudian Dame Diagne yang harus fokus jalani ujian akhir tahun.

"Pemain kita bawa 10 pemain SEA Games selain Hardianus yang cedera dan Dame yang ujian akhir tahun. Pemain itu akan ikut dan menambah roster kita menjadi 16 orang," jelasnya.

Dari skuat SEA Games Hanoi ada Brandon Jawato, Marques Bolden, Derrick Michael, Abraham Damar Grahita, Agassi Goantara, Juan Kokodiputra, Arki Dikania Wisnu, Vincent Kosasih, Yudha Saputera dan Andakara Prastawa. Kemudian ditambah Widyanta Putra Teja, M. Arighi Hadran Noor, Kelvin Sanjaya, Ali Bagir Alhadar, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, dan Aldy Izzatur Rachman.

Nirmala Dewi
Nirmala Dewi (Dok. PP Perbasi)

Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi berharap, para pemain memanfaatkan dengan baik tur ke Australia ini. Diharapkan, setelah dari Australia level permainan timnas akan semakin naik.

"Ke depan, rivalitas akan semakin ketat karena kita jadi tuan rumah FIBA Asia Cup. Jadi try out ke Australia ini kesempatan yang sangat berharga. Para pemain harus bisa memanfaatkan betul momentum Ini untuk menaikkan level permainan," tutur Nirmala.

INILAH 16 Pemain Yang Diboyong:

1. Andakara Prastawa Dhyaksa
2. Yudha Saputera
3. Widyanta Putra Teja
4. Arki Dikania Wisnu
5. Aggasi Yeshe Goantara
6. Abraham Damar Grahita
7. Juan Laurent Kokodiputra
8. Brandon Jawato 
9. Vincent R. Kosasih
10. Derrick M. Xzavierro
11. Marques T. Bolden 
12. M. Arighi Hadran Noor
13. Kelvin Sanjaya
14. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
15. Ali Bagir Alhadar
16. Aldy Izzatur Rachman

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved