Nirmala Dewi: Timnas Bolabasket 3x3 Putri Bikin Bangga Bolabasket Indonesia

Timnas Bolabasket 3x3 Putri akhirnya berhasil mengakhiri dominasi Korea Selatan.

Editor: Toni Bramantoro
Dok. PP Perbasi
Nirmala Dewi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Timnas Bolabasket 3x3 Putri akhirnya berhasil mengakhiri dominasi Korea Selatan.

Di FIBA 3x3 Asia Cup 2022 Singapura, Selasa (5/7/2022) bertanding di Central Singapore, Kimberley Pierre Louis dkk unggul 15-11.

"Di event apapun, kita tidak pernah menang atas Korea Selatan. Kali ini kita bisa mengalahkan mereka. Kemenangan ini bersejarah," ungkap penanggung jawab Timnas Bolabasket 3x3 Putri, Christopher Tanuwidjaja.

Diakui Christopher, kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Timnas sempat kesulitan kembangkan permainan. Bahkan sampai tertinggal lima angka. Bagusnya, semua sudah bisa diatasi dengan baik dengan komunikasi.

imnas Bolabasket 3x3 Putri akhirnya berhasil mengakhiri dominasi Korea Selatan
Timnas Bolabasket 3x3 Putri akhirnya berhasil mengakhiri dominasi Korea Selatan

"Sempat ada internal conflict. Kimberley merasa pemain lainnya yang belum lama main di 3x3 kurang memahami satu sama lainnya. Beruntung setelah ada komunikasi saat time out, semua masalah itu selesai sehingga permainan bisa keluar lagi," tutur Christopher Tanuwidjaja.

Usai tundukkan Korea Selatan, Timnas seharusnya berhadapan dengan Iran. Namun Iran batal ikut sehingga Kimberley Pierre Louis dkk langsung melaju ke babak berikutnya.

Di fase ini, Timnas Bolabasket 3x3 Putri akan berhadapan dengan Jepang dan Singapura di Pool B.

Timnas akan melawan Singapura dulu pada 12.50 WIB. Kemudian ketemu Jepang pada 04.30 WIB.

"Jepang tim yang kuat. Mereka di papan atas dunia. Bahkan mereka juga mendominasi di Olimpiade. Kemenangan atas Korea Selatan ini memberikan semangat tersendiri bagi kita. Kita berharap melawan Jepang nanti bisa seperti saat melawan Korea," jelas Christopher Tanuwidjaja.

Timnas Bolabasket 3x3 Putri sukse mengalahkan Korea
Timnas Bolabasket 3x3 Putri sukses mengalahkan Korea

Christopher Tanuwidjaja ingin Kimberley Pierre Louis dkk tidak terbebani dengan peringkat dunia Jepang. Sebaliknya mereka diminta untuk menikmati pertandingan.

"Kita sudah tahu level mereka di mana. Anak-anak harus enjoy saja karena sangat langka bisa mencoba kekuatan mereka. Kami berharap anak-anak bisa menikmati pertandingan melawan Jepang dan bisa ambil saat melawan Singapura," ujar Christopher Tanuwidjaja.

Sementara itu, Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi salut dengan perjuangan Timnas Bolabasket 3x3 Putri. Dengan kerja keras dan kerja sama, mereka mampu meruntuhkan dominasi Korea Selatan.

Nirmala Dewi Sekjen PP Perbasi
Nirmala Dewi Sekjen PP Perbasi (Dok. Humas PP Perbasi)

"Tentu kemenangan ini membanggakan karena bersejarah bagi bolabasket Indonesia. Tapi perjuangan belum usai. Masih ada pertandingan yang tidak kalah serunya menanti. Jepang menunggu di fase berikutnya. Tetap semangat dan percaya diri siapapun lawan yang dihadapi," kata Nirmala Dewi.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved