ASEAN Para Games

ASEAN Para Games 2022, Gibran Ingin Solo Lebih Ramah untuk Para Penyandang Disabilitas

Ini kali kedua Kota Solo menjadi tuan rumah ajang Pesta olahraga atlet penyandang disabilitas se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games. Apa kata Gibran?

Tribunnews/Abdul Majid
Suasana pembukaan ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022) yang dibuka Walikota Solo, Gibran Rakabuming. Kemeriahan dan keriangan pembukaan ASEAN Para Games 2022 juga diisi oleh penampilan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, standup comedian, Dodit Mulyanto, dan penyanyi Endah Laras. 

ASEAN Para Games 2022, Gibran Ingin Solo Lebih Ramah untuk Para Penyandang Disabilitas

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, SOLO – Pesta olahraga atlet penyandang disabilitas se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games 2022 diadakan di Solo dan sekitarnya pada 30 Juli – 6 Agustus 2022.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang menjabat sebagai ketua pelaksana ASEAN Para Games 2022 berharap hadirnya ajang ini bisa membuat kota Solo semakin ramah bagi para penyandang disabilitas (lebih dikenal sebagai difabel).

Seperti diketahui, kota Solo sebelumnya juga pernah menggelar ajang ASEAN Para Games pada 2011 silam.

Baca juga: Walikota Solo Gibran Rakabuming Akui Ada Puluhan Atlet ASEAN Para Games 2022 Positif Covid-19

“Yang jelas kan ini kami kedua kalinya jadi tuan rumah. Ya harapannya ke depan Solo bisa lebih friendly untuk teman-teman difabel kita dan juga keluarga Solo lebih aware bahwa atlet-atlet difabel kita itu luar biasa semuanya,” kata Gibran usai meninjau International Broadcast Center di Stadion Manahan, Solo, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, Gibran menjelaskan gelaran APG XI 2022 ini memang dilakukan dengan persiapan dan budget yang terbatas.

Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah menggantikan Vietnam yang tidak mau menggelar APG dan hanya ingin menggelar SEA Games.

Baca juga: Indonesia Puncaki Klasemen Medali ASEAN Para Games 2022, Chandra Bhakti: Masih On The Track

Meski demikian, Gibran ingin acara ini berlangsung dengan baik dengan tetap memperhatikan kebutuhan dan keperluan para atlet dan ofisial saat bertanding dan di penginapan.

“Ya kalau itu (perhatian-red) biar warga dan atlet-atlet saja yang menilai, yang jelas kami sudah berikan yang terbaik dengan waktu yang sangat singkat dengan budget yang sangat terbatas juga dan kita berusaha semaksimal mungkin,” kata Gibran.

Hingga hari keempat ini, orang nomor wahid di Kota Solo itu menyebut tak ada kendala yang berarti dari gelaran ASEAN Para Games 2022.

Ia sudah memastikan dengan berkeliling baik ke tempat pertandingan atau Hotel tempat para atlet dan ofisial menginap.

“Sejauh ini nanti kalau ada komplain bisa langsung disampaikan ke saya. Kalau saya sudah muter-muter lihat venue, Hotel-Hotel itu oke semua dari makanan, pelayanan, transportasinya, LO nya semua cukup oke lah,” katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved