Formula 1

Verstappen Bikin Kejutan, Duo Pebalap Red Bull Racing Kembali Raih Podium Ganda di GP Belgia 2022

Max Verstappen kembali memberikan kejutan di Formula 1 GP Belgia 2022. Memulai balapan dari posisi 14, berkat strategi tim yang tepat berhasil menang

HandOut/IST
Duo pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez, finis 1-2 di GP Belgia 2022 di Sirkuit Spa Francorchamp pada Minggu, 28 Agustus kemarin. Max Verstappen kembali memberikan kejutan. Memulai balapan dari posisi 14, berkat strategi tim yang tepat berhasil menang seusai putari 44 lap. 

Verstappen Bikin Kejutan, Duo Pebalap Red Bull Racing Kembali Raih Podium Ganda di GP Belgia 2022

TRIBUNNEWS.COM – Pembalap Tim Red Bull Racing berhasil memetik podium ganda finis 1-2 di GP Belgia 2022 pada Minggu, 28 Agustus kemarin.

Max Verstappen kembali memberikan kejutan kepada penonton dan para fans di tanah air, memulai balapan dari posisi 14, berkat strategi tim yang tepat berhasil menang di Sirkuit Spa Francorchamps seusai putari 44 lap.

Verstappen pada hari Sabtu merupakan pembalap tercepat di kualifikasi, namun karena banyak komponen baru di bagian mesin, membuatnya harus menerima penalti.

Baca juga: Formula 1 - Max Verstappen Ungkap Rahasia Juara di F1 GP Hongaria 2022 Meski Start dari Posisi 10

Sedangkan Sergio Perez harus mengakui Verstappen yang sangat kencang, dirinya berhasil mempertahankan posisi 2 meski harus ketinggalan +17,841 detik di garis finis.

Kemenangan 1-2 ini tentunya sangat menguntungkan bagi kedua pembalap Tim Red Bull Racing yang disponsori oleh Mobil Lubricants.

Sebab, pada klasemen sementara Juara Dunia F1 2022, Verstappen makin jauh memimpin di puncak klasemen dengan raihan 284 poin. Sedangkan Perez kini naik ke posisi dua klasemen dengan raihan 191 poin, menggeser Charles Leclerc.

Sukses membelalakkan mata banyak pihak dengan raihannya itu, Verstappen menyebut, balapan di F1 GP Belgia 2022 jauh dari kata mudah, malah cenderung rumit.

Baca juga: Max Verstappen Juara Formula 1 GP Perancis 2022, Mobil Kencang Plus Kesabaran di Sikuit Paul Richard

Duo pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez
Duo pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez, finis 1-2 di GP Belgia 2022 di Sirkuit Spa Francorchamp pada Minggu, 28 Agustus kemarin. Max Verstappen kembali memberikan kejutan. Memulai balapan dari posisi 14, berkat strategi tim yang tepat berhasil menang seusai putari 44 lap.

“Pekan balapan ini berjalan luar biasa. Meskipun tidak semudah dibayangkan, apalagi cukup rumit di awal lap agar terjauh dari masalah. Banyak terjadi dengan pembalap didepan dan semuanya mencoba bertahan dengan posisinya,” buka Verstappen.

Dirinya mengakui setelah Safety Car di awal dan semua pembalap terlihat tenang, dimanfaatkan oleh Verstappen untuk mengambil keuntungan dengan menyalip dan tetap menjaga kondisi ban.

“Sekarang kita tinggal terus bekerja keras dan fokus untuk tiap balapan berikutnya. Kita tahu, harus finis setiap balapan, tak perlu menang tapi kita perlu sebagai tim. Kita lihat apa yang bisa dilakukan di Zandvoort,” ujar Juara Dunia F1 2021 ini.

Adapun Perez yang finis posisi dua mengakui kerja keras tim dan cukup puas dengan hasil kerja kerasnya.

“Max sedang berada di planet lain dan sangat kencang. Saya ingin tetap mempertahankan laju mobil ketika disalipnya, kagum juga dengan jarak ketertinggalan dan saya ingin kembali lebih kuat.”

Pembalap Meksiko tersebut mengungkapkan bahwa start yang dilakukan kurang mulus, tapi beruntung bisa mengembalikannya ke posisi awal.

“Terlalu banyak ban berputar usai melepas kopling dan tak mendapat traksi, apalagi saat berpindah ke posisi dua, itu membuat saya kehilangan banyak posisi,” jelas Perez. Dirinya juga ingin level yang lebih tinggi lagi saat balapan di Zandvoort dan Monza.

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mengungkapkan takjub pada kinerja tim dan pembalap Red Bull Racing, serta pencapaian luar biasa sepanjang musim F1 2022.

Max Verstappen menunjukkan kemampuannya sebagai pembalap Juara Dunia F1, setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dan menang balapan, serta torehkan lap tercepat saat balapan. 

“Sembilan kemenangan diraih Verstappen dan finis 4 kali 1-2 bersama Sergio Perez merupakan pencapaian luar biasa bagi tim di balapan F1 modern saat ini. Hal ini tentunya membanggakan bagi para penggemar F1 terutama di Indonesia. Posisi kedua pembalap di klasemen juga semakin unggul untuk perebutan Juara Dunia F1 2022,” ujar Sri Adinegara.

Sri Adinegara  menegaskan, ”Semoga saja tren positif balapan selama tiga pekan di Eropa ini bisa tetap dilanjutkan di Zandvoort dan Monza. Tentunya hasil tersebut akan menjadi kebanggaan Mobil Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1." (*/)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved