Breaking News:

MotoGP

Bicara Hasil Tes MotoGP Misano 2022, Quartararo: Motornya Masih Malas Diajak Ngebut

Pengembangan M1 untuk MotoGP 2023 mengalami peningkatan, namun Quartararo masih mengeluhkan masalah klasik motornya yang males diajak ngebut.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Claudia Noventa
Ronny Hartmann / AFP
Pembalap Monster Energy Yamaha asal Prancis, Fabio Quartararo (kiri) dan pebalap Italia Tim Lenovo Ducati Francesco Bagnaia bersaing selama Grand Prix MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 19 Juni 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Fabio Quartararo menorehkan hasil memuaskan pada sesi tes Misano MotoGP 2022.

Tepatnya pada hari kedua, Fabio Quartararo sukses keluar sebagai yang tercepat, Rabu (7/9/2022) di Sirkuit Misano, Rimini, Italia.

Namun hasil ini tak membuat Fabio Quartararo puas. Dia masih mengeluhkan masalah klasik dengan pengembangan motor Yamaha, YZR-M1.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2022 Lengkap Jam Tayang Live Trans7: Duel Bagnaia vs Quartararo di Aragon

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (kiri) melihat dari balik bahunya ke arah Jack Miller (belakang kanan) pada 6 Agustus 2022.
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (kiri) melihat dari balik bahunya ke arah Jack Miller (belakang kanan) pada 6 Agustus 2022. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Seperti diketahui, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menjadi yang tercepat pada sesi hari pertama. Pembalap yang biasa disapa Pecco itu mencatatkan waktu 1 menit 31,292 detik.

Namun setelah sesi hari kedua ini berakhir, dia bukanlah yang tercepat. Adalah Quartararo yang berhasil menjadi raja di tes tengah musim Misano 2022.

Secara garis besar, Quartararo puas dengan pengembangan M1 untuk MotoGP 2023.

Ada beberapa bagian yang mengalami pelonjakan secara signifikan.

"Kami mendapat konfirmasi bahwa mesin baru telah meningkat, saya berada di belakang Morbidelli dan kecepatan tertinggi mengonfirmasinya. Kami juga mengerjakan elektronik karena karakter mesin baru ini sedikit berbeda, sekarang kami harus melihat lebih dekat pada data," terang Fabio Quartararo dikutip dari laman Motosan.

Sektor kecepatan M1 memang mengalami peningkatan namun ada catatannya, yakni melalui jalur slipstream.

"Slipstream membantu menandai 298km/jam itu, tetapi melihat nilai rata-rata kami memperoleh sesuatu yang lebih. Bahkan melihat hasil saingan kami, peningkatannya terlihat jelas dibandingkan tahun ini," tambah rider yang berstatus juara dinia MotoGP 2021 ini.

Meski demikian, Fabio Quartararo merasa jika kuda besinya masih malas diajak ngebut.

"Ya, ini sedikit berbeda, tetapi karakternya tetap Yamaha. Masih sedikit malas untuk akselerasi (top speed), itulah yang kami kerjakan pagi ini untuk membuatnya sedikit lebih agresif," tambah rider berkebangsaan Prancis ini.

YZR-M1 memang berkendala dengan sisi top speed pada MotoGP 2022.

Kecepatan M1 kalah telak jika dikomparasikan dengan motor Suzuki, Ducati hingga Aprilia.

Namun yang menjadi satu di antara keunggulan M1 adalah kemudahan untuk cornering. Itulah yang membuat mengapa motor Yamaha disebut sebagai kuda besi paling ramah di pentas MotoGP 2022.

(Tribunnews.com/Giri)

Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved