Nirmala Dewi: Harus Ada Pemain Baru Di Timnas Basket Indonesia Yang Disiapkan Ke SEA Games 2023

Perbasi resmi memanggil 20 pemain di regu putra untuk bergabung dalam Pemusatan Latihan (TC) guna mempersiapkan gelaran SEA Games 2023 di Kamboja.

Dok. pribadi
Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) resmi memanggil 20 pemain di regu putra untuk bergabung dalam Pemusatan Latihan (TC) guna mempersiapkan gelaran SEA Games 2023 di Kamboja.

Bukan hanya dari kelompok putra, Perbasi juga memanggil 19 pemain untuk kelompok putri yang juga akan melakoni TC.

Adapun agenda SEA Games ke-32 Kamboja 2023 direncanakan berlangsung mulai tanggal 5-17 Mei 2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Nirmala Dewi mengatakan hal itu bertujuan untuk mengasah kemampuan pemain muda.

"Kita coba untuk menaikkan skill dari para pemain muda kita. Jadi yang paling banyak kita masukin itu pemain muda," ujar Nirmala Dewi.

"Sudah waktunya memang regenerasi ke bawah-bawah lagi. Makanya kita terus cari ke daerah dan luar negeri untuk itu. Karena tidak bisa mentok di itu-itu saja. Harus ada pemain-pemain baru lagi," lanjutnya.

Dalam daftar pemain yang dipanggil itu, ada beberapa nama pemain yang tergolong senior tak ikut dalam rombongan, seperti Abraham Damar Grahita dan Arki Dikania Wisnu.

Kendati demikian, Nirmala Dewi menyebut, daftar pemain itu belum daftar pasti yang akan dibawa dalam ajang SEA Games Kamboja tahun depan.

"Saya tidak bilang begitu, karena nanti keputusan adanya di pelatih, pelatih masih perlu atau tidak perlu, bukan di kita. Sejauh ini kita siapkan materinya, pemain-pemainnya, silakan nanti pelatih yang memutuskan," ungkap Nirmala.

Berbicara soal target, perempuan kelahiran Bandar Lampung, 18 Mei 1978 itu menargetkan hasil terbaik untuk tahun depan.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 akan ada dua ajang multievent internsional yang kemungkinan diikuti Timnas Basket Indonesia, yakni SEA Games Kamboja dan Asian Games Tiongkok.

"Kita jadi satu ya. Karena tahunnya sama, jadi tidak mungkin kami pisah-pisah dan dibedakan. Kita punya SEA Games, Asian Games, dan juga multi event lain," ujar Nirmala Dewi.

Sekadar informasi, Perbasi memanggil beberapa nama dari jebolan Indonesia Patriots, mereka adalah Ali Bagir, Yesaya Saudale, Yudha Saputera, Mohammad Arighi, Kelvin Sanjaya, hingga Dame Diagne.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved