Danjen Kopassus Cup Sukses Komunitas Kuda Pacu Indonesia Matangkan Kalender Kegiatan Untuk 2023

Setelah sukses menggelar Ronde kedua dari Nusantara Derby 2022 yang memperebutkan Piala Bergilir Danjen Kopassus

Penulis: Toni Bramantoro
Dok. pribadi
Komunitas Kuda Pacu Indonesia Matangkan Kalender Kegiatan Untuk 2023 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Horse Racing Community (IHRC) sudah menatap persaingan pacuan kuda tahun 2023.

Setelah sukses menggelar Ronde kedua dari Nusantara Derby 2022 yang memperebutkan Piala Bergilir Danjen Kopassus, Komunitas Kuda Pacu Indonesia segera mematangkan kalender kegiatan untuk tahun 2023.

Kejurnas Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022-Round II sukses diselenggarakan Minggu (25/9/2022) di Lapangan Pacuan Kuda Tegal Waton, Salatiga, Jateng.

Ini merupakan event terakhir dari rangkaian kejuaraan yang dihelat IHRC sepanjang 2022, yang diawali oleh Jateng Derby, juga di Tegal Waton.

"Saya kira tentunya itu yang segera IHRC buat. Kalau tahun 2022 ini ada 6 atau 7 event, tahun depan mungkin sekitar itu juga. Yang jelas, event-event IHRC selalu diminati para stakeholder kuda pacu, baik pemilik stable, pemilik kuda, pelatih dan joki," ungkap Noviardi Sikumbang, pengamat cabang olahraga berkuda, Senin (26//9/2022) dari Tegal Waton, Salatiga.

Kejuaraan Danjen Kopassus Cup menjadi seri atau ronde kedua dari Nusantara Derby. Seri pertama Nusantara Derby digelar 30 Juli 2022 di Gelanggang Pacuan Kuda Legok Jawa, Pangandaran, Jabar. Pada event yang digelar dari kolaborasi dengan Pengcab Pordasi Jabar dan Susi Pujiastuti, mantan menteri kelautan dan perikanan yang 'penguasa' Pangandaran, kontingen kuda pacu Jabar menjadi merebut gelar terbanyak sekaligus poin tertinggi.

Tim kuda pacu Jabar mempertahankan keunggulannya pada seri kedua Nusantara Derby yang memperebutkan piala tetap dan piala bergilir Danjen Kopassus. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tim kuda pacu Jabar dari dua seri tersebut mengoleksi nilai tertinggi, yakni 239, jauh di atas tuan rumah Jateng (81,5), disusul Sumatera Barat (17,5), Sumatera Utara (4), Jawa Timur (4) dan Lampung (2).

Suksesnya event pamungkas IHRC di Tegal Waton juga bisa dilihat dari banyaknya pejabat yang menyaksikannya. Selain Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, SE, MM, yang membuka resmi event tersebut Minggu pagi, juga dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk, SH, Wakapolda Abiyoso Seno Aji, S.I.K, juga Kasdam IV/Dip, Pamen Ahli Kopassus, para asisten Kopassus, dan Dangrup-2 Kopassus.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha dan Ketua KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana,SH.,MH juga datang menyaksikan kejuaraan yang diikuti lebih dari 120 kuda dan memperebutkan total hadiah uang sekitar Rp370 juta itu.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved