Kompetisi ICStar Hackathon 2022 Dinilai Memberikan Manfaat Bagi Penerus Bangsa

Digelarnya Kompetisi ICStar Hackathon 2022 mendapat sambutan hangat dari para perusahaan pendukung dan sponsor.

Editor: Toni Bramantoro
Tangkapan layar zoom ICStar Hackathon 2022
suasana virtual meeting ICStar Hackathon 2022 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Digelarnya Kompetisi ICStar Hackathon 2022 mendapat sambutan hangat dari para perusahaan pendukung dan sponsor.

Mereka sangat antusias dengan dimulainya kompetisi ini pada 27 September lalu.

Di bulan Oktober ini, para peserta kompetisi akan menjalani training selama sebulan mengenai Robotic Process Automation (RPA) oleh UiPath, Machine Learning oleh TVExtract, dan Low-code dari Outsystems.

Kemudian di bulan November, mereka akan mengerjakan use case dari industri secara berkelompok. Sementara acara final akan berlangsung di bulan Desember.

ICStar Hackathon 2022 merupakan kompetisi yang mempertemukan universitas dan industri dengan memanfaatkan teknologi terkini sebagai poin utama dalam kompetisi ini.

Di tahun ini, kompetisi Hackathon berkolaborasi dengan tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Afrika Selatan.

"Kami memiliki negara baru untuk bergabung, yaitu Afrika Selatan. Setiap kali kami memulai hackathon, saya selalu merasa bangga dengan kolaborasi antara universitas, industri, kepala sekolah, dan antara IFT & IDStar Group, melalui ONE," ungkap Founder IFT & IDStar Group, Arifa Tan.

Digelarnya kompetisi ini memberikan keuntungan dari banyak pihak dari pihak industri, universitas dan umum. Bagi industri itu sendiri, mereka bisa merekrut talenta IT yang berkualitas untuk dipekerjakan di perusahaannya.

Sementara bagi universitas dan mahasiswa, mereka mendapat peluang untuk dipekerjakan dan menyalurkan bakat. Sehingga tak heran jika kompetisi ini mendapat sambutan hangat bagi peserta maupun industri yang berpartisipasi.

Sementara itu, Senior Vice President - Head of HR Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Erwin Muniruzaman mengatakan pihaknya bersemangat berpartisipasi mendukung pembangunan ekosistem digital, platform pendukung untuk Indonesia.

"Kami sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam setiap kesempatan untuk mendukung pembangunan ekosistem digital, platform pendukung, khususnya untuk Indonesia. Inisiatif seperti ini, ICStar Hackathon adalah contoh sempurna dari upaya kolaboratif dan kolektif untuk membawa semua pihak, industri, akademisi, dan penyedia teknologi," tutur Erwin Muniruzaman.

Senada dengan Erwin, Tri Evita Ariyani, sebagai perwakilan dari Adira Finance juga menyampaikan hal yang senada. Ia mengakui bahwa acara ini sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa dan industri.

"Kami menghormati kompetisi ini, ICStar Hackathon 2022. Merupakan acara yang sangat bermanfaat dan penting bagi seluruh teknologi informasi, khususnya mahasiswa dan juga perusahaan yang berpartisipasi di dalamnya. Karena acara tersebut memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya dan juga mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja," ujar Senior Vice President Head of Human Capital and General Affairs Adira Finance itu.

Indonesia Career Center Network (ICCN) sebagai salah satu sponsor kompetisi ini pun menyatakan dukungannya.

"ICCN mendukung ICStar Hackathon 2022, yang memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, dan meningkatkan keterampilan, bagi ratusan peserta yang merupakan alumni dari berbagai universitas," kata Teddy Budiwan, President Indonesia Career Center Network (ICCN).

Ada pun perusahaan pendukung Kompetisi ICStar Hackathon 2022 yakni BCA, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Adira Finance. Juga disponsori oleh UiPath, Outsystem, TVExract, Technology Visionaries, Africa Digital Center, dan Indonesia Career Center Network (ICCN).

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved