Breaking News:

Liga Inggris

Sebastian Coates Pengganti Sepadan Jamie Carragher

Manajemen Liverpool bergerak cepat dan secara mengejutkan sukses mendatangkan pemain muda Sebastian Coates.

zoom-inlihat foto Sebastian Coates Pengganti Sepadan Jamie Carragher
net
Sebastian Coates

Laporan Wartawan Tribunnews.com Nurfahmi Budi

TRIBUNNEWS.COM - MENJELANG berakhirnya transfer window I, Liverpool terus bergerak liar untuk mendapatkan pemain yang disesuaikan dengan kriteria sang pelatih, Kenny Dalglish. Memahami keterbatasan kekuatan di lini belakang, manajemen Liverpool bergerak cepat dan secara mengejutkan sukses mendatangkan pemain muda yang diprediksi bakal menjadi bek terbaik dunia, Sebastian Coates.     

The Reds mampu menyalip Atletico Madrid di tikungan terakhir, karena sebelumnya bek berusia 20 tahun tersebut sudah hampir mendarat di Vicente Calderon dengan bandrol 8 juta pounds atau lebih dari Rp 108 miliar.

Namun proposal yang diajukan Si Merah ternyata lebih berkenan di hati Coates. Walhasil, di saat terakhir, klub asal Coates, Nacional, justru menerima pinangan uang sebesar 7 juta pounds atau sekitar Rp 94,5 miliar. Angka yang lebih sedikit tersebut bukan masalah, karena Coates menganggap Liverpool adalah tempat terbaik untuk memerdalam ilmu berkompetisi di level yang lebih ketat ketimbang La Liga. Sang pemain sendiri sudah lolos tes kesehatan yang dilakukan tim kesehatan internal Pool.

Kehadiran Coates sangat tepat di saat Liverpool membutuhkan jajaran bek berkualitas tinggi. Maklum, musim lalu posisi ini disebut-sebut sebagai faktor utama kegagalan. Posisi aslinya sebagai bek tengah menjadi benefit tersendiri. Postur menjulang, 196 cm, dan tubuh gempal, membuat pemuda berusia 20 tahun ini terlihat kokoh dan tak mudah terlewati begitu saja. Ia juga menjadi ancaman serius bagi pertahanan lawan kala mengeksekusi set piece bola-bola udara. Gelar sebagai Pemain Muda Terbaik di ajang Copa Amerika 2011 adalah bukti tersendiri, sekaligus memberi gelar juara bagi negaranya, Uruguay.

"Dia seorang yang sangat tangguh. Saya tahu kualitasnya, dan dia sangat berharga bagi Liverpool. Saya tahu karakter aslinya, dan tak perlu diragukan lagi, Seb akan melegenda di sini," tutur Luis Suarez, kompatriot yang disebut-sebut sebagai pelicin jalan Coates ke Merseyside.     Karakter Coates yang kuat memang membuat siapapun akan kesengsem berat. Corak permainannya langsung dihubungkan dengan bek senior, Jamie Carragher. Bahkan, beberapa pengamat di Inggris merujuk, Coates sebagai pasangan seimbang bagi Carra, sekaligus calon pengganti yang sepadan untuk bek berusia 33 tahun tersebut.

Pemuda kelahiran Montevideo tersebut juga menjadi bagian penting bagi sistem regenerasi yang kini sudah mulai dilakukan di kubu Anfield Gank. Selain Coates, lini belakang armada King Kenny sudah dijejali pemain bertalenta luar biasa seperti José Enrique (25), Danny Wilson (19), Martin Kelly (21), John Flanagan (18) dan Jack Robinson (17). Tidak hanya itu, secara umum ia juga jadi elemen penting pembentukan the next dream team, menggantikan Carra, Gerrard dkk. Di sisi ini, Pool sudah punya Jordan Henderson (21), Jay Spearing (22), Charlie Adam (25), Jonjo Shelvey (19), Luis Suárez (24), Andy Carroll (22) dan David N'Gog (22).

Seiring penampilan menawan bersama timnas Uruguay, Coates diprediksi tidak akan lama untuk mengenyam debut berkostum Merah. Hal terpenting yang akan dilakukannya adalah merasakan kontur permainan fisik, sesuatu yang sangat berbeda dibanding berada di kompetisi sebelumnya.

Penulis: Nurfahmi Budi
Editor: Ade Mayasanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved