Laga Persahabatan

AS Kalahkan Jerman

Tim nasional Amerika Serikat menyambut tamunya, Jerman pada laga persahabatan, Minggu (2/6/2013) di Kennedy Memorial Stadium.

AS Kalahkan Jerman
zimbio
Clint Dempsey (tengah) 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINTONG - Tim nasional Amerika Serikat menyambut tamunya, Jerman pada laga persahabatan, Minggu (2/6/2013) di Kennedy Memorial Stadium. Masih belum diikuti para pemain intinya, Jerman sempat kesulitan meladeni tuan rumah. Bahkan di sepuluh menit pertama tuan rumah mampu menekan pertahanan Jerman.

Menit ke-13, akhirnya lini pertahanan Jerman mampu dibobol oleh Jozy Altidore. Pemain AZ Alkmaar itu menerima umpan matang dari Graham Zusi dan langsung melakukan tembakan first time . Marc Andre-Ter Stegen yang menggantikan Manuel Neuer di bawah mistar gawang Jerman gagal menghalau tembakan Altidore. Tiga menit berselang, Ter Stegen malah melakukan blunder yang menyebabkan timnya kembali tertinggal. Kiper Borussia Monchengladbach itu tak bisa menerima back pass dari Benedikt Howedes dengan baik, dan menyebabkan bola masuk ke gawangnya sendiri.

Setelah kemasukan dua gol, para pemain Jerman mulai mencoba menekan Amerika Serikat. Pada menit ke-24, Miroslav Klose sebenarnya bisa memperkecil ketinggalan Der Panzer, namun sayang dirinya terlebih dulu tertangkap off side. Altidore, Zusi, dan Clint Dempsey pada pertandingan kali ini menjadi momok bagi pertahanan Jerman, ketiganya mampu mengobrak-abrik pertahanan Jerman yang dikawal Per Mertesacker dan Howedes. Namun, hingga babak pertama usai, kedua tim tak mampu mencetak gol tambahan.

Pada babak kedua, beberapa pemain diganti oleh kedua tim. Tampaknya, pergantian pemain dari Jerman mulai membuahkan hasil. Buktinya Heiko Westerman yang menggantikan Lars Bender mampu memperkecil ketinggalan Jerman di menit ke-52. Setelah menerima umpan dari Max Kruse dari tendangan sudut, Westerman menanduk bola ke gawang Amerika Serikat. Alih-alih menyamakan kedudukan, Jerman yang asik menyerang malah kecolongan di menit ke-62. Kali ini Dempsey memanfaatkan umpan Altidore, Dempsey membuat kedudukan menjadi 3-1.

Dempsey benar-benar menjadi momok Der Panzer. Pada menit ke-65 Dempsey berhasil melepaskan tendangan ke sudut atas gawang Ter Stegen. Kedudukan pun berubah menjadi 4-1 untuk Amerika Serikat. Pada menit ke-75 Dempsey hampir saja mencetak hattrick, namun sayang tembakan Dempsey masih melebar dari sisi gawang Jerman.

Der Panzer tak ingin menyerah begitu saja. Terus menekan, anak asuh Joachim Low itu akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-77. Max Kruse yang masuk menggantikan Sven Bender berhasil mengecoh bek Amerika Serikat. Dia pun melepaskan tembakan kaki kiri ke sisi kanan gawang Tim Howard yang gagal menjangkau bola tersebut. Tiga menit berselang giliran pemain Schalke, Julian Draxler yang gantian membobol gawang Howard.

Memanfaatkan bola muntah, pemain 19 tahun itu akhirnya menceploskan bola ke gawang Howard. Namun, gol Draxler tersebut menjadi gol terakhir pertandingan itu. Dengan hasil ini, berarti Jerman harus kembali menelan kekalahan setelah sembilan pertandingan terakhir mereka tak terkalahkan. Kekalahan terakhir Jerman terjadi pada 16 Agustus 2012 lalu setelah harus mengakui keunggulan Argentina di kandang sendiri.

Duniasoccer/Damar

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Duniasoccer.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved