Breaking News:

Dokter Timnas U-19 Siapkan Langkah Pencegahan Cedera Pemain

Langkah pencegahan ini untuk mengantisipasi pemain dari cedera yang lebih parah.

zoom-inlihat foto Dokter Timnas U-19 Siapkan Langkah Pencegahan Cedera Pemain
Super Ball - Eko Priyono
Indra Sjafri dan timnas U-19.

TRIBUNNEWS.COM - Dokter timnas Indonesia U-19 Alfan Nur Asyhar menyayangkan kecenderungan pemain menyembunyikan cedera mereka.

Karena jika disembunyikan cedera akan menghambat pemain itu sendiri. Alfan menduga, hal itu muncul efek rasa takut dicoret. Timnas U-19 yang kini diperkuat 29 pemain memang dalam seleksi jangka panjang. Dari tiga, fase yang dilakoni sudah masuk tahap kedua di Yogyakarta.

"Sebenarnya itu sikap yang salah. Kalau tidak disembunyikan, penanganan cedera sedini mungkin bisa mempercepat. Justru kalau ditutupi akan berdampak buruk. Ini yang akan terus kami berikan pemahaman kepada pemain," ulas Alfan.

Pelatnas tahap pertama berlangsung di Batu, Malang-Jawa Timur, 9 November 2013 hingga 6 Januari 2014. Nantinya, hanya dipilih 23 pemain menuju Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang. Tembus semifinal, mereka otomatis lolos ke Piala Dunia U-20 di Selandia Baru tahun 2015.

Untuk menghindari hal itu, tim dokter pun melakukan beragam pencegahan. Langkah pencegahan ini untuk mengantisipasi pemain dari cedera yang lebih parah.

Apalagi tingkat latihan selama pelatnas di Batu dan Yogyakarta cukup berat. Belum lagi jika pemain sudah mulai menjalani laga uji coba di dalam dan luar negri.

Di bawah ini langkah-langah pencegahan yang diambil tim dokter timnas U-19

*Krioterapi
Pemain selalu menjalani metode krioterapi sehabis latihan. Krioterapi merupakan terapi suhu tubuh dengan pemberian air dingin, air hangat, air biasa. Suhu dingin dari terapi ini memicu proses yang menimbulkan efek analgesik, anti-depresan dan efek regeneratif, serta mengaktifkan sistem imun. Terapi ini juga membantu tubuh pulih lebih cepat dari kelelahan berkat peningkatan sel darah merah yang membantu oksigen mencapai otot lebih cepat

*Cek kesehatan berkala
Dokter tim dibantu Aditya Prameswara yang difungsikan sementara sebagai fisioterapis rutin melakukan pengecekan kondisi masing-masing pemain

*Suplemen
Biasanya, akan diberikan asupan vitamin kepada seluruh pemain

Penulis: Eko Priyono
Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Super Skor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved