Breaking News:

Pelatih Mental Timnas U-19 akan Buka Kelas Kecil

Cahyo berencana melakukan pendekatan individual pada beberapa pemain. Ini dilakukan agar pemain lebih fokus ke pertandingan.

zoom-inlihat foto Pelatih Mental Timnas U-19 akan Buka Kelas Kecil
Berita Kota Super Ball - Umar Widodo
Guntur Cahyo Utomo

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih mental timnas Indonesia U-19 Guntur Cahyo Utomo bakal mengenjot mental pemain di sela-sela rangkaian tur nusantara.

Ia berencana membuka kelas kecil dan pendekatan individual pada beberapa pemain. Ini dilakukan agar pemain lebih fokus ke pertandingan.

Sewaktu menang susah payah atas tim Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (7/2/2014), ada beberapa pemain yang tampil di bawah performa. Padahal, ketika latihan, mereka begitu bersemangat dan bertenaga.

Akurasi umpan terjaga, teknik individu menonjol, dan kerja sama antar sesama rekan terbangun rapi. Namun, sewaktu di pertandingan sesungguhnya yang disaksikan ribuan suporter di Stadion Mandala Krida, kelebihan-kelebihan itu menguap. Apapun yang dilakukan salah.

Efeknya ada beberapa pemain yang lambat beradaptasi sehingga harus ditarik keluar lapangan. Menurut Guntur, persoalan sudah terlihat jelas yakni tidak mudah bertanding dihadapan banyak orang dan disiarkan secara langsung.

"Bagi beberapa pemain, itu pengalaman pertama mereka. Jadi banyak sekali pikiran di luar sepak bola. Jadi permainannya nggak jelas. Kurang konsentrasi. Selanjutnya, saya akan berusaha untuk melakukan pendekatan kepada pemain. Mereka harus diingatkan bahwa ada atau tidak ada penonton ya sama saja. Mereka harus mengembalikan potensi terbaik yang dimiliki," ungkap Guntur kepada Super Ball.

Penulis: Eko Priyono
Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Super Skor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved