Breaking News:

Barcelona vs Guangzhou Evergrande: Siasat Kotor

Dan sukses menyandang dua gelar juara, Liga Tiongkok, serta Liga Champions Asia.

Alex Caparros/Getty Images
Pemain bintang Barcelona, Lionel Messi (kiri), melakukan selebrasi bersama rekannya, Luis Suarez, usai membobol gawang Deportivo La Coruna, pada laga lanjutan Divisi Primera La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (12/12/2015). 

TRIBUNNEWS.COM - Lionel Messi ingin menyempurnakan tahun ini dengan prestasi mentereng: menyabet trofi kelima alias quintuple bersama Barcelona.

Ambisi itu akan terwujud jika La Blaugrana bisa menjuarai ajang Piala Dunia antarklub yang digelar Jepang.

Rintangan pertama datang dari wakil Tiongkok, Guanzhou Evergrande di babak semifinal di Stadion Nissan, Yokohama, Kamis (17/12) sore.

Tahun 2015 ini, Messi cs sudah merengkuh empat gelar juara yakni La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, dan UEFA Super Cup.

Messi merindukan bisa meraih kembali tahun terbaik dalam kariernya ketika Barca yang saat itu diasuh Pep Guardiola meraih sextuple alias enam gelar juara pada 2009, termasuk dengan menjuarai Piala Spanyol super Cup.

"Saat itu kita meraih semua gelar juara di kejuaraan yang kita ikuti. Itu prestasi luar biasa, dan sepertinya sulit diulangi lagi. Tapi sekarang kita di sini. Kita harus menuntaskan tahun ini dengan cara yang terbaik, dan membuatnya menjadi hal yang tak terlupakan," kata Messi.

Guangzhou bukan lawan enteng. Juara Asia yang dilatih mantan arsitek Brasil, Luiz Felipe Scolari ini melaju ke babak semifinal setelah secara mengejutkan menekuk juara zona Concacaf dari Meksiko, America 2-1 akhir pekan lalu.

Kendati wibawa Scolari runtuh setelah Brasil dipermak Jerman 1-7 di semifinal Piala Dunia 2014 lalu, namun ia tetap pelatih yang disegani.

Ia pun dikenal sebagai pelatih spesialis untuk partai dengan sistem knockout. Sebutannya di Brasil adalah pelatih "mata-mata" yang artinya kurang lebih adalah "berjuang atau mati sekalian".

Big Phil, sebutannya, akan merasa lebih nyaman karena sekarang menyandang status sebagai under-dog.

Halaman
123
Penulis: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved