Breaking News:

Liga 1

Hindari Pengaturan Skor, Wasit Liga 1 2019 Akan Dikelola Badan Independen

Nantinya, Badan Independen ini akan menghindari wasit yang bertugas untuk ‘bersentuhan’ langsung dengan PT LIB atau PSSI.

Tribunnews/Abdul Majid
Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit, saat diwawancarai setelah memimpin managers meeting di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

 

 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA - Untuk menghindari praktik pengaturan skor yang salah satu caranya melalui pengadil lapangan, Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit mengatakan wasit Liga 1 2019 akan ada berada di bawah pengawasan Badan Independen.

Nantinya, Badan Independen ini akan menghindari wasit yang bertugas untuk ‘bersentuhan’ langsung dengan PT LIB atau PSSI.

“Salah satu yang akan kita lakukan nanti (mengindari pengaturan skor) adalah soal Badan Independen yang akan mengelola wasit,” kata Dirk Soplanit di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/5/2019).

“Jadi wasit ini tidak lagi dikelola oleh PSSI, atau pun Liga. Jadi nanti dilepas dalam bentuk Badan Independen. Rapat Exco juga mengambil keputusan, bentuk organisasinya sudah, tinggal membentuk orang-orangnya. Jadi nanti bentuk organisasi itu ada komisionernya, kemudian ada pengelolanya,” tambah Dirk.

Dirk Soplanit percaya bahwa langkah ini setidaknya akan menghapuskan laga-laga yang ternodai pengaturan skor khususnya melalui kinerja wasit.

Baca: Mbak Lala Nangis Sampai Tak Mau Lagi Mengasuh Rafathar, Ternyata Raffi Ahmad dan Nagita Penyebabnya

Bahkan, demi bersihnya kinerja wasit dalam memimpin laga, Badan Independen wasit nantinya akan dipimpin oleh orang profesional yang berasal dari Inggris.

“Nantinya Badan Independen akan dikelola oleh tenaga asing. Sebelumnya dari Jepang tapi tidak jadi, dan kemungkinan dari Inggris,”

“Jadi PSSI nantinya tidak akan bisa masuk ke situ, orang Liga juga tidak bisa masuk. Siapa pun tidak bisa masuk karena dikelola oleh Badan Independen, yang di dalamnya kita percaya ada orang-orang yang punya independensi tinggi dan tidak bisa dipengaruhi oleh siapa pun,” jelasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved