Ketua KPSN Prihatin AFC Hukum PSSI

Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC menjatuhkan hukuman denda ke PSSI lantaran uji coba Selangor FA dengan dua klub Indonesia.

Ketua KPSN Prihatin AFC Hukum PSSI
Ist/Tribunnews.com
Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC menjatuhkan hukuman denda ke PSSI lantaran uji coba Selangor FA dengan dua klub Indonesia yang berlangsung tahun lalu.

Komite Etik dan Displin AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) dalam putusan pada 12 Juli 2019, menjatuhkan hukuman denda kepada PSSI sebagai konsekuensi dari dua laga uji coba Selangor FA melawan Madura United dan Persija Jakarta.

Selangor FA dua kali beruji coba di Indonesia menghadapi Madura United pada 4 September 2018 dan Persija Jakarta pada 6 September 2018.

Saat bertemu Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura, Jawa Timur, Selangor FA kalah denga skor 1-4. Melawan Persija Jakarta di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selangor FA menang 2-1.

Baca: Presiden PSSI-nya Malaysia Minta Perlindungan dari AFC saat Bertandang ke Indonesia

Dalam putusannya, Komite Etik dan Displin AFC menyebut pertandingan internasional tersebut digelar tidak sesuai regulasi atau aturan yang berlaku.

AFC mengacu Pasal 11.10 dari Regulation Governing International Matches, yang berbunyi, "Setiap tim yang bertanding harus meminta persetujuan dari federasinya masing-masing. Setelah diterima, tim yang bertanding melapor ke federasi tuan rumah."

"Federasi tuan rumah perlu mengajukan persetujuan akhir kepada AFC selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal pengajuan laga digelar," lanjut pernyataan AFC.

Denda yang dijatuhkan AFC kepada PSSI adalah 2.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 27 juta. Denda AFC kepada PSSI atas dua pertandingan tersebut harus dibayarkan maksimal 30 hari setelah putusan.

AFC juga memperingatkan PSSI untuk tidak mengulang kesalahan yang sama dengan ancaman akan memberikan hukuman yang lebih berat.

Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) ikut mengomentari denda yang diberikan AFC kepada PSSI.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved