Liga Inggris - 4 Momen yang Luput dari Sorotan VAR, Pelatih Watford Jadi Korban

Mike Riley mengakui masih ada beberapa kesalahan dalam penerapan video assistant referee (VAR) di Liga Inggris pada musim ini

Liga Inggris - 4 Momen yang Luput dari Sorotan VAR, Pelatih Watford Jadi Korban
bolasport.com
Liga Malaysia Bakal Gunakan Video Assistant Referee di Kompetisi 

TRIBUNNEWS.COM - Musim kompetisi 2019/20 menjadi tahun perdana Liga Inggris menerapkan sistem video assistant referee atau biasa disingkat VAR.

Dengan sistem ini, para wasit yang bertugas seharusnya dapat lebih mudah menjalankan tugas dan fungsinya di atas lapangan sepak bola.

Sistem VAR memungkinkan wasit mendapat "mata tambahan" dari ofisial yang bertugas untuk mengawal pertandingan lewat sorotan kamera dan rekaman video.

Jika ragu mengambil keputusan, wasit dapat berkonsultasi dengan ofisial dan melihat kejadian lebih rinci melalui tayangan ulang yang tersedia dalam sistem VAR.

Setelah melihat review, pengadil dapat mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan pertimbangan yang lebih rinci.

Baca Juga: Arda Turan, Kehancuran Bintang Sepak Bola Turki Akibat Urusan Pribadi

Akan tetapi, penerapan sistem VAR di Liga Inggris pada prakteknya masih menemui berbagai kendala dan bahkan menimbulkan kesalahan.

Hal tersebut diakui langsung oleh Mike Riley selaku managing director dari badan wasit elite, PGMOL (Professional Game Match Officials Board).

Sejauh ini, sistem VAR sudah diterapkan dalam 40 pertandingan yang digelar sepanjang empat pekan pertama Liga Inggris 2019/20.

Dilansir SportFEAT.com dari Sky Sports, tercatat ada 227 momen yang telah dicek dengan sistem VAR dan enam di antaranya berujung pada pengubahan keputusan di atas lapangan.

Pada sisi lain, data menyebutkan ada sepuluh peristiwa laga yang seharusnya dapat berubah tetapi wasit memilih untuk tetap pada pendiriannya.

Halaman Selanjutnya >>>

Editor: Bolasport.com
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved