Breaking News:

Liga 1

Perkuat Integritas, Wasit-Wasit Liga 1 2020 Bakal Digodok di Lingkungan TNI-Polri

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB); operator Liga 1, Dirk Soplanit berharap semakin tahun kualitas pertandingan liga sepakbola

Tribunnews/Abdul Majid
Direktur interim PT LIB Dirk Soplanit saat diwawancarai 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB); operator Liga 1, Dirk Soplanit berharap semakin tahun kualitas pertandingan liga sepakbola ternama Indonesia bisa semakin membaik.

Salah satu hal yang akan ditekankan jelang bergulirnya Liga 1 2020 ialah membenahi kualitas wasit. 

Dirinya menyebut, untuk membentuk karakteristik wasit yang bagus nantinya wasit-wasit bakal digembleng di lingkungan TNI-Polri khususnya dalam membentuk integritas.

“Persoalan integritas wasit kita juga ke depan jadi perhatian, bahkan ada rencana mungkin mereka (wasit) akan digodok baik itu di lingkungan ketentaraan atau kepolisian untuk membina, meingkatkan semangat bekerja,”

“Dan juga meningkatkan integritas mereka untuk betul-betul memimpin pertandingan dengan integritas yang baik dan tinggi, untuk meghasilkan pertandingan yang bermutu tidak mudah tergoda. Itu rencana dari ketua umum juga,” kata Dirk Soplanit, Kamis (5/2/2019).

Dalam sebuah pertandingan peran wasit memang sangat sentral. Bahkan praktik match fixing pun bisa masuk melalui wasit. 

Dengan adanya pembinaan dan penerapan karakter ala militer, diharapkan wasit-wasit Liga 1 2020 bisa memimpin laga dengan baik.

Tak hanya itu, Dirk juga menambahkan akan memberikan fasilitas lainnya sehingga wasit-wasit tak tergoda iming-iming dari satu klub yang menawarinya bisa memberikan keuntungan kepada salah satu klub.

Liga 1 2020 rencannya bakal digelar pada 1 Maret 2020. Namun, jadwal tersebut masih akan disesuaikan terlebih dulu dengan pihak kepolisian (menyesuaikan jadwal keamanan nasional) sebelum akhirnya dirilis oleh PT LIB.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved