SEA Games 2019

Final SEA Games 2019: Indonesia U-23 Punya Mental Juara

Timnas Indonesia U-23 selangkah lagi akan mengulang kejayaan 28 tahun silam - meraih medali emas di SEA Games.

Final SEA Games 2019: Indonesia U-23 Punya Mental Juara
Instagram PSSI (@officialpssi)
Pemain Timnas Indonesia U-23 Rayakan kemenangan melawan Myanmar sekaligus pastikan Final SEA Games 2019 (@officialpssi) 

TRIBUNNEWS.COM, MANILA - Timnas Indonesia U-23 selangkah lagi akan mengulang kejayaan 28 tahun silam - meraih medali emas di SEA Games.

Kepastian itu akan mereka tentukan dalam laga puncak kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019).

Sebelummya kedua tim telah bertemu di fase grup B. Saat itu anak asuh Indra Sjafri harus mengakui kemenangan Vietnam dengan skor 2-1.

Indra pun mengatakan laga final nanti bakal tersaji sangat menarik. Pasalnya, Garuda Muda akan turun dengan motivasi mengulang kejayaan 28 tahun silam dan membalaskan kekalahan di fase grup.

Untuk itu ia meminta kepada para pemainnya untuk tidak banyak melakukan kesalahan di laga final.

“Pertandingannya akan sangat seru dan ketat. Saya minta pemain fokus dan tidak membuat banyak kesalahan,” kata Indra.

Sementara itu, mengenai persiapan. Pascalaga semifinal kontra Myanmar Indra Sjafri memberikan rehat sejenak kepada Egy Maulana dkk. dengan menggelar latihan ringan pada hari minggu (8/12/2019).

Dalam latihan itu, Indra bersama tim medis melihat kondisi para pemain, dan hasilnya ia memastikan skuat Timnas U-23 dalam keadaan siap untuk tampil menghadapi Vietnam di laga final.

“Latihan hari ini memang fokus untuk mengembalikan kebugaran pemain. Tim dokter dan fisio harus bekerja keras membantu pemain untuk kembali prima. Alhamdulillah prosesnya berjalan baik dan mudah-mudahan semua anggota tim sudah siap saat tampil melawan Vietnam,” ujarnya.

Lebih lanjut, pelatih berdarah Minang itu menambahkan bahwa anak asuhnya punya kelebihan lainnya; mental juara.

Hal itu terbukti di laga semifinal kontra Myanmar. Saat itu Indonesia unggul 2-0, kemudian diimbangi 2-2. Namun, kerja keras Osvaldo Haay dkk. di babak tambahan kembali menuai gol.

Dua gol tercipta oleh Osvaldo Haay dan Evan Dimas yang sekaligus mengantarkan Indonesia melaju ke final SEA Games 2019.

“Kami bersyukur bisa unggul 2-0 terus disamakan 2-2. Di situ, muncul tempaan yang buat mereka sangat matang sekarang. Mental juara mereka muncul. Bisa dilihat ketika kedudukan 2-2, mereka tidak down. Mereka bangkit. Itu terlihat matang,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved