Belajar Dari Vietnam, Manajer Bhayangkara FC Arahkan Seleksi Pemain Muda Dinilai Dari Postur Tubuh

Bhayangkara FC yang juga menjabat sebagaI manajer Timnas Indonesia U-23, AKBP Sumardji punya penilaian khusus setelah Indonesia takluk 3-0

Belajar Dari Vietnam, Manajer Bhayangkara FC Arahkan Seleksi Pemain Muda Dinilai Dari Postur Tubuh
tribunnews.com/abdul majid
Sumardji 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Manajer Bhayangkara FC yang juga menjabat sebagaI manajer Timnas Indonesia U-23, AKBP Sumardji punya penilaian khusus setelah Indonesia takluk 3-0 dari Vietnam di laga final SEA Games 2019.

Sumardji menilai, bahwa para pemain Vietnam hadir dengan kualitas baik. Bukan hanya skill pemain, tapi yang membuatnya kaget yakni bentuk atau postur tubuh Vietnam yang rata-rata lebih tinggi dari para pemain Indonesia.

“Orang-orang Vietnam itu sama seperti kita, tapi di Timnas kemarin, pemainnya itu tinggi-tinggi. Rata-rata di atas 170 cm,” kata Sumardji dalam acara syukuran akademi Bhayangkara FC di Kemenpora, Jumat (13/12/2019).

Dari situ, Bhayangkara FC yang mempunyai tim junior dari U-16, U-18 dan U-20, Sumardji menekankan agar perekrutan pemain junior nantinya harus juga dilihat dari postur tubuh.

Perekrutan itu dilakukan lebih khusus pada U-16 yang pertumbuhan fisiknya masih bisa berkembang.

“Saya pesan kepada manajer Bhayangkara FC U-16, U-18 dan U-20, khususnya U-16 untuk menseleksi pemain bukan cuma skill saja, tapi juga postur tubuh,”

“Koordinasikan dengan kedokteran jadi bisa dilihat dulu tulang pemain itu bisa tumbuh sekian-sekian, kita harus fokus dibibit awal. Kalau skill sekarang bisa diasah denga belajar terus menerus. Nanti boleh ambil satu dua pemain yang posturnya biasa tapi harus punya skill yang lebih, soal postur sekarang sangat penting,” jelasnya.

Sebelumya, Menpora Zainudin Amali bercerita pemain Timnas U-23 Vietnam telah disiapkan sejak 10 tahun lalu. Mereka memilih bibit bagus yang dipadu dengan skill dan kombinasi taktik dari pelatih.

Tak ayal, Vietnam U-23 juga sukses menjadi runner-up Piala Asia 2018.

“Waktu saya di Filipina saya sempat bicara dengan perwakilan PSSI nya Vietnam. Mereka bilang, mereka sudah siapkan tim ini sejak 10 tahun lalu. Jadi mereka sudah rencanakan sejak lama, dan sekarang saya harap Indonesia bisa fokus dari pembinaan usia dini,” kata Menpora.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved