Breaking News:

Liga 1

Pernah Salah Buat Perangkap Ofside, Muhammad Toha Sebut Untung Tidak Gol

Ada satu strategi jitu nan beresiko yang hanya dimiliki oleh lini pertahanan. Strategi tersebut bernama strategi offside.

dok pribadi
Muhammad Toha, bek kanan Persita Tangerang. 

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Memiliki posisi sebagai bek, tentunya tidak mudah. Tak hanya tentang menjaga penyerang musuh dan membantu penyerangan.

Ada satu strategi jitu nan beresiko yang hanya dimiliki oleh lini pertahanan. Strategi tersebut bernama strategi offside.

Muhammad Toha joggingggg
Muhammad Toha

Namun dalam prakteknya, membuat perangkap offside bukanlah hal mudah. Bila ada satu pemain yang terlambat sedikit saja ke garis yang ditetapkan maka lawan dapat leluasa menerobos ke jantung pertahanan, bahkan acap kali hanya berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

Inilah resiko sebuah perangkap offside bila gagal diterapkan.

Baca: Juventus Keluarkan Kocek Rp 570 Miliar untuk Gaet Dejan Kulusevski dari Parma

Muhammad Toha, bek kanan Persita Tangerang pun angkat bicara tentang pengalamannya menjaga pertahanan Pendekar Cisadane, julukan Persita.

"Saya masih ingat pernah terlambat naik (meninggalkan garis perangkap offside). Itu membuat lawan lolos dan langsung berhadapan dengan kiper. Untungnya ada gangguan dari rekan bek lain sehingga tendangan penyerang lawan hanya tipis di sisi gawang," ujarnya kepada Super Ball, pekan lalu.

Walaupun beruntung tidak kebobolan, namun pemain bernomor punggung 11 ini langsung mengangkat tangannya dan memberikan tanda maaf yang mengarah kepada bench (pelatih) serta meminta maaf kepada rekan-rekannya.

Ia menyadari kesalahannya dapat berakibat fatal pada pertahanan yang berujung gol untuk lawan.

"Saat itu saya di tegur langsung oleh rekan-rekan agar fokus. Saat kondisi lelah pun harus tetap bisa fokus. Harapannya, semoga kedepannya kesalahan seperti itu dapat saya kurangi," tutupnya.

Lantas ia pun berusaha untuk tetap meningkatkan level permainannya agar semakin meningkat dan dapat membantu tim dalam meraih kemenangan.

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved