Breaking News:

Indra Sjafri Jelaskan Makna dari Pekerjaannya Sebagai Direktur Teknik PSSI

Indra Sjafri kemudian diangkat oleh PSSI untuk menduduki posisi sebagai derektur teknik PSSI.

Tribunnews/Abdul Majid
Indra Sjafri 

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktif melatih sejak tahun 2011 hingga tahun 2020, Indra Sjafri kemudian diangkat oleh PSSI untuk menduduki posisi sebagai derektur teknik PSSI.

Menjadi direktur teknik, tentunya urusan mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 ini tak hanya sekedar mengurus tim nasional Indonesia, tetapi ada pekerjaan yang lebih mendalam yang harus dibenahi olehnya untuk mengembangkan sepak bola nasional.

"Di seluruh federasi sepak bola baik di Indonsia maupun hingga ke FIFA, hampir 60% sentuhannya teknis, dibungkus dengan administrasi yang bagus yang disupport oleh bidang bisnis untuk menggerakkannya, dan tidak boleh dibalik," ujar pria yang akrab dipanggil coach ini.

Ia mengatakan semua keputusan tidak bisa diambil oleh bidang bisnis karena ujung dari pekerjaan federasi adalah menyiapkan tim nasional dengan baik.

Kemudian, Indra Sjafri menambahkan banyak elemen yang diperlukan agar tim nasional terbentuk dengan baik, sehingga pekerjaan direktur teknik tidak merta-merta hanya menyiapkan tim nasional tetapi mencari faktor-faktor yang membuat tim nasional baik.

"Di dalamnya ada bidang kepelatihan. Ini penting karena dari pelatih yang bagus maka muncul pemain yang bagus. Ada pula diperlukan instruktur yang berkualitas yang memberikan panduan seragam kepada pelatih," tambahnya.

Tak hanya itu, setelah faktor tersebut selesai maka akan masuk ke dalam tim nasional, yang mencakup pengelolaan timnas senior hingga timnas junior, cara perekrutan pemain atau pelatih.

Indra juga menyinggung pada pengembangan Asprov, karena seluruh elemen dari atas (PSSI) hingga kebawah, Askot, Askab perlu sangat perlu dikembangkan.

"Pengembangan dari bawah itu ada di bidang departemen teknik," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved