Breaking News:

Pelatih Timnas Indonesia

"Kasihan Shin Tae-yong, Mungkin Ada Orang di Balik Layar. . . ."

Diduga bila pernyataan yang dilontarkan Shin Tae-yong itu bukan sepenuhnya berasal dari pemikiran pelaith timnas Indonesia itu.

Media PSSI
Shin Tae-yong Latih Awasi Latihan Perdana Timnas U19 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia ( APSSI), Yeyen Tumena punya analisis soal friksi yang terjadi antara Shin Tae-yong dengan PSSI

Dia mencurigai adanya orang di belakang layar yang membesar-besarkan kisruh tersebut.

Kecurigaan Yeyen Tumena itu berdasarkan sikap Shin Tae-yong yang berani mengumbar keburukan PSSI ke media massa.

Yeyen menduga bila ada kelompok atau individu yang punya kepentingan mendorong Shin Tae-yong untuk mengatakan hal kurang baik kepada PSSI. Pasalnya Shin Tae-yong baru enam bulan melatih timnas, dan belum fasih berbahasa Indonesia. 

Baca: Baru Shin Tae-yong Pelatih Timnas yang Tangani Semua Kelompok Umur, Apa Sanggup?

Baca: Kronologi Konflik Shin Tae-yong dan Indra Sjafri: Sudah Minta Maaf, Diminta ke Luar dari Ruang Rapat

Baca: Hal-Hal Seputar Perseteruan antara PSSI dan Shin Tae-yong

Pelatih Tim Nasional Indonesia Senior, Shin Tae-yong saat memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020). Latihan ini menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia Senior menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand (26 Maret) dan Uni Emirat Arab (31 Maret). Tribunnews/Jeprima
Pelatih Tim Nasional Indonesia Senior, Shin Tae-yong saat memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020). Latihan ini menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia Senior menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand (26 Maret) dan Uni Emirat Arab (31 Maret). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Yeyen menduga bila pernyataan yang dilontarkan Shin Tae-yong itu bukan sepenuhnya berasal dari pemikiran pelaith timnas Indonesia itu.

Apalagi, komentar yang ia utarakan pertama kali dimuat di media Korea Selatan, sehingga ketika beritanya masuk ke Indonesia bisa terjadi sedikit salah persepsi.

Yeyen merasa khawatir bila Shin Tae-yong harus mengkritik PSSI tanpa tahu maksud dari komentarnya tersebut.

“Saya kok melihat ada yang aneh. Jangan-jangan STY mendapatkan masukan yang tidak benar dalam situasi ini,” ujar Yeyen dalam rilis yang diterima Kompas.com (24/6/2020).

“Kasihan dia. Mungkin saja ada permainan agen atau orang di balik layar. Tak bisa dipungkiri, STY belum fasih berbahasa Indonesia dan saat ini dia jauh dari kita,” Meski mencurigai adanya orang yang menginginkan kisruh antara Shin Tae-yong dan PSSI terjadi, Yeyen tetap menyayangkan sikap pelatih timnas Indonesia itu.

Menurutnya, tak seharusnya Shin mengkritik keras kinerja PSSI hingga harus dimuat di media massa.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved