Breaking News:

Liga 1

Saddil Ramdani: Namanya Liga, Harus Ada Degradasi

Penyerang sayap Bhayangkara FC, Saddil Ramdani sangat setuju dengan penerapan kesehatan ketat Covid-19 di Liga 1 nanti

dok pribadi
Saddil Ramdani saat menjalani latihan dengan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (21/2/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PSSI telah mengumumkan Liga 1 2020 akan kembali bergulir pada 1 Oktober mendatang, Satgas Covid-19 pun telah memberikan lampu hijau Liga 1 digelar pada tanggal tersebut.

Liga 1 2020 yang bakal bergulir di tengah pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan menjadi kewajiban yang dijalani dan dipatuhi oleh seluruh pelaku sepakbola.

Panduan protokol kesehatan itu pun kini tengah diterapkan di TC Timnas Indonesia salah satunya tes covid-19 dengan metode swab dan karantina sebelum akhirnya para pemain menjalani latihan bersama dan pertandingan.

Baca: Setelah Urus Kuliah, Saddil Ramdani Langsung Gabung Latihan Mandiri Pemain Bhayangkara FC

Penyerang sayap Bhayangkara FC, Saddil Ramdani sangat setuju dengan penerapan kesehatan ketat Covid-19 di Liga 1 nanti.

Begitu pun pertandingan yang bergulir tanpa adanya penonton.

“Kalau menurut saya tes swab untuk kesehatan itu harus karena itu menjaga diri kita sendiri dan orang lain di sekitar,” kata Saddil kepada Tribunnews, Rabu (5/8/2020).

“Kalau tidak ada suporter, sekiranya itu sudah jadi arahan dari pemerintah ya kita harus jalani dengan baik. Sejujurnya memang kami sebagai pemain agak kurang ya kalau tanpa penonton, tapi sekarang situasinya berbeda dan kami harus maklumi itu. Ini untuk menjaga kesehatan bersama,” jelasnya.

Soal rencana Liga 1 2020 bergulir tanpa adanya degradasi, menurutnya, pertandingan akan kurang menarik dibanding tahun-tahun sebelumnya yang ada degradasi sehingga ada juga persaingan di dasar klasemen selain pertarungan menjadi juara.

“(tidak ada degradasi-red) Kurang seru ya. Namanya juga liga kan umumnya harus ada degradasi,”

“Tapi lagi-lagi kalau itu sudah jadi aturan dan jadi keharusan Liga bergulir tanpa degradasi ya kami ikuti saja walaupun tidak seseru liga tahun sebelumnya yang ada degradasi,” katanya.

Soal rencana Liga 1 bergulir tanpa adanya degradasi memang belum ada kepastian.

Namun, Ketum PSSI Mochamad Iriawan sebelumnya menyiratkan setuju dengan opsi tersebut karena akan membantu klub-klub yang kini terkendala finansial dan belum lagi pertandingan hanya diadakan di Pulau Jawa saja.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved