Breaking News:

Weshley Hutagalung: APSSI Rencana Berikan Kursus Kepelatihan Gratis untuk Para Pelatih di Indonesia

Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) berencana memberikan kursus kepelatihan gratis kepada para pelatih di Indonesia.

tribunnews.com/abdul majid
Weshley Hutagalung 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAAsosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) berencana memberikan kursus kepelatihan gratis kepada para pelatih di Indonesia.

Rencana kursus pelatihan di lisensi C dan D secara gratis itu kini tengah dibahas PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sekjen APSSI, Weshley Hutagalung berharap pemberian kursus secara gratis tersebut perlahan bisa menyamaratakan konteks ilmu kepelatihan kepada pelatih yang ada di seluruh Indonesia.

"Ya, Itu target kami dari awal, kita ingin targetkan kursus gratis itu yang paling bawah, D dan C. Nah ita berharap jangan pelatih yang dibebani. Ada sponsor yang sama visinya sama kami. Kami berharap semakin banyak kegiatan ini, semakin merata ilmu yang didapatkan pelatih,” kata Weshley.

Lebih lanjut, pria yang juga terkenal sebagai pengamat sepakbola itu membeberkan siapa saja yang bakal mendapatkan fasilitas kursus gratis tersebut.

Salah satunya pelatih SSB yang tak punya lisensi. Menurutnya, banyak SSB yang hanya dilatih pelatih yang tak mempunyai bekal ilmu cukup dan hanya mengandalkan pengalamannya saja sebagai pemain.

“Target utama kami paling cepat itu guru olahraga karena bagi kami guru olahraga bisa melihat potensi pemain sejak dini,” kata Weshley.

“Berikutnya pelatih SSB , kan tidak semua punya sertifikat. Kadang - kadang yang begitu saja lah yang penting melatih punya pengalaman mantan pemain terus melatih, Itu jadi target kami,” jelasnya.

Tak hanya itu, APSSI juga bekerjasama dengan aplikasi Sportiv. Di sana, APSSI bakal menuangkan materi kepelatihan dan bisa dilihat para anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Aplikasi tersebut rencananya baru bisa digunakan pada awal tahun depan, lantaran sekarang masih dalam tahap mengumpulkan data.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved