Breaking News:

The Jakmania Menteng Dalam Omongin Rivalitas Suporter

Dalam sepak bola, tak jarang kita mendengar kata rivalitas suporter, baik di luar negeri dan dalam negeri. Rivalitas suporter menjadi bumbu

dok pribadi
Ketua Korwil The Jakmania-suporter Persija Jakarta, Muhammad Fachri Pratama. 

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam sepak bola, tak jarang kita mendengar kata rivalitas suporter, baik di luar negeri dan dalam negeri. Rivalitas suporter menjadi bumbu dalam kompetisi sepak bola.

Bicara tentang rivalitas suporter, alah satu ketua Korwil The Jakmania-suporter Persija Jakarta, Muhammad Fachri Pratama. Pria ini akrab disapa Uje. Uje adalah ketua korwil The Jakmania Menteng Dalam.

Uje pun memberikan pandangannya.

"Menurut saya rivalitas suporter Persija masih dengan si biru (bobotoh-suporter Persib Bandung) dan si hijau-(bonek-suporter Persebaya Surabaya)," buka Uje kepada Warta Kota pekan lalu.

Sadar akan rivalitas yang masih hangat, Uje sering mengingatkan anggotanya untuk menjaga diri jika bepergian ke daerah sang rival.

Pertama adalah tentang pemakaian atribut.

"Pesan saya itu, jika ada anggota bepergian ke tempat sang rival, jangan memakai atribut karena beresiko. Pesan lainnya, jika ada gangguan, anggota harus secepatnya koordinasi," tambah Uje.

Uniknya, mendengar kata rival, Uje sedikit canggung dalam mengartikannya.

Ia beralasan, rivalitas harus ditempatkan pada posisi yang tepat.

"Kalau bertemu rival, awalnya saling jaga sikap sih, asal jangan ada yang menyulut. Rival itu kan musuh ya," tambahnya sembari tertawa.

Namun, ada pula satu rival lain yang dianggap olehnya, meski kemunculannya tergolong musiman.

Tak lain adalah North Jakarta Mania-NJ Mania-suporter Persitara Jakarta Utara.

"Kadang kalau ketemu mereka pasti selisih ya. Tapi mereka terkadang muncul dan hilang, beda dengan si biru dan si hijau," terangnya.

Sebagai ketua yang paham akan rivalitas suporter, Uje pun tak henti-henti untuk memberikan pesan ke anggota agar menjaga nama baik Persija Jakarta

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved