Breaking News:

Liga 1

Yoyok Sukawi Optimistis 18 Klub Masih Berkomitmen untuk Ikut Kompetisi Lanjutan

Yoyok Sukawi yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI menegaskan pihak federasi mengusahakan agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020

Tribunjateng.com/Franciskus Ariel Setiaputra
Yoyok Sukawi. 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI menegaskan pihak federasi mengusahakan agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 bisa segera berjalan kembali.

Seperti diketahui, dua kompetisi tersebut harusnya diaelenggarakan mulai Oktober ini, namun masalah perijinan membuat batal terlaksana.

"Jadi PSSI hari Senin (5/10) lalu, memanggil PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan seluruh jajarannya. Mereka sebagai operator kompetisi kita evaluasi kenapa kok sampai ijin tidak keluar," jelas Yoyok.

"Di situ, kesimpulannya diputuskan bahwa PT Liga dan PSSI harus berusaha mewujudkan liga ini tetap berjalan dengan berbagai macam opsi," imbuhnya.

Plan A PSSI dan LIB, yakni kompetisi akan kembali dilanjutkan lagi pada awal November mendatang. Hal itu sesuai dengan surat edaran LIB ke klub peserta pada Rabu (30/9) lalu.

"Opsi pertama, mundur satu bula berarti 1 November (Kompetisi bisa dilanjutkan). Kalau ternyata tidak boleh bagaimana?, berarti harus ada plan B. Yaitu setelah Pilkada. Nah itu kapan, bisa Januari atau Desember. Intinya kami masih berusaha mewujudkan kompetisi bisa berjalan," kata Yoyok.

Langkah selanjutnya, yakni PSSI sedang membuat formula agar masalah finansial yang menimpa klub karena penundaan kompetisi tidak mengalami kebangkrutan. Hal ini rata-rata harus dilalui klub Liga 1 dan Liga 2, sebab mereka banyak kehilangan pemasukan. Sementara pembiayaan operasional klub harus tetap berjalan.

Jika tak ada kendala, awal pekan depan PSSI dan LIB berencana akan bertemu dengan 18 klub peserta Liga 1 di Yogyakarta.

"Itu sedang dibuatkan formula supaya klub itu walaupun rugi tapi tidak bangkrut. Nah itu lagi dibuatkan formula. Nanti akan diagendakan pertemuan antara PSSI, PT. Liga, dan klub Liga 1 terlebih dahulu. Dalam waktu dekat ini. Senin atau Selasa pekan depan. Di situ dibahas semuanya. Kita tampung aspirasi klub," ucap pria yang juga berstatus anggota DPR RI tersebut.

Namun, Yoyok meyakini 18 klib peserta tetap berkomitmen bersedia mengikuti lanjutan kompetisi musim ini.

"Tapi saya optimis 18 klub ini mereka punya komitmen untuk ikut kompetisi. Kami tidak menyalahkan pemerintah, karena situasi pandemi ini sangat sulit," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Soal Lanjutan Liga 1 dan Liga 2, Begini Bocoran Yoyok Sukawi, https://jateng.tribunnews.com/2020/10/09/soal-lanjutan-liga-1-dan-liga-2-begini-bocoran-yoyok-sukawi.
Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: sujarwo

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved