Breaking News:

Liga 1

Dirut PT LIB Beberkan Format Liga 1 Tahun Depan: Bakal Berhenti Saat Piala Dunia U-20 Bergulir

Jika jadwal Piala Dunia tak ada perubahan, ia memastikan kompetisi Liga 1 akan berhenti sejenak saat Piala Dunia bergulir.

Tribunnews/Abdul Majid
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita saat diwawancarai di Kantor PT LIB, Kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (10/11/2020) malam. Akhmad Hadian menjelaskan rencana format kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pasca-penundaan berulang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengatakan pihaknya memikirkan format pertandingan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang rencana bakal bergulir pada Februari 2021.

Sejauh ini, dikatakan Hadian untuk format pertandingan tetap melanjutkan; mulai kembali pekan keempat dengan sistem full kompetisi.

Baca juga: Curhat Dirut PT LIB Soal Pengelolaan Liga 1: Angkat Bendera Putih Jika Kompetisi Tak Jalan Selamanya

Akan tetapi, dirinya melihat tahun depan bakal ada agenda besar di Indonesia yakni Piala Dunia U-20 pada 20 Mei – 11 Juni 2021.

Jika jadwal Piala Dunia tak ada perubahan, ia memastikan kompetisi akan berhenti sejenak saat Piala Dunia bergulir.

Baca juga: Surat Tak Direspons, Persebaya Layangkan Kritik Pedas Buat PSSI dan PT LIB: Komunikasi Buruk!

Artinya Liga 1  dimulai Februari – April dan lanjut lagi Juli – September 2021.

“Format pertandingan masih dirumuskan sama tim kompetisi, tapi intinya, ini kan akan nabrak piala dunia. PSSI kasih saran bikin jadwal normatif, kalau Piala Dunia U-20 on-schedule kita tunda liga. Ini pesta indonesia nggak bisa diganggu sama liga,” kata Hadian saat ditemui di Kantor PT LIB, Sudirman, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

“Kalau on-schedule mungkin bisa kita ubah sampai Agustus. Kalau geser ke September maka kita buat sampai Juli,” jelasnya.

Baca juga: Liga 1 Tak Jelas, Alasan Gelandang Asing Andalan Persita Tangerang Hengkang

Akan tetapi, jadwal tersebut masih dalam bentuk perencanaan dan akan disesuaikan pula apabila Piala Dunia U-20 mengalami perubahan jadwal.

Lebih lanjut, pekerjaan rumah PT LIB yang paling penting selain menentukan jadwal lanjutan kompetisi yakni mendapatkan izin keramaian dari pihak Kepolisian agar kompetisi bisa bergulir pada Februari 2021.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 telah mengalami dua kali penundaan lantaran pihak kepolisian belum juga menurunkan izin keramaian.

Kasus Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia dan adanya Pilkada pada Desember jadi alasan PSSI belum memberikan restu kompetisi bergulir.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved