Breaking News:

Wanti-wanti Fakhri Husaini Buat Pemain Lokal yang Main di Luar Negeri: Jangan Cuma Latihan Doang

apabila pemain dapat kesempatan bermain di klub luar, mereka harus bisa bekerja keras hingga bisa tembus ke skuat utama.

Harry Prasetya/superball.id
Pemain Belakang Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam mencoba melewati dua pemain belakang Vietnam dalam laga final SEA Games 2019 (Harry Prasetya/superball.id) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNENWS.COM, JAKARTA – Meski sudah tak menjadi pelatih Timnas Indonesia, Fakhri Husaini kerap memberikan motivasi kepada Bagas Kaffa dkk.

Salah satu hal yang ia harapkan agar para pemain muda Indonesia bisa bermain di klub-klub luar negeri. Terlebih dengan ketidakpastian kompetisi di Indonesia saat ini.

Baca juga: Bergaji Miliaran, Asnawi Mangkualam Rela Upahnya Dipotong Demi Bisa Bermain di Liga Korea Selatan

Menurut Fakhri, pengalaman bermain di klub luar negeri nantinya bakal berdampak positif pula bagi perkembangan dan kualitas sepakbola Indonesia.

Baca juga: Para Bintang Muda Indonesia Unjuk Gigi di Eropa, Egy dan Witan Bikin Gol, Elkan Bawa Tim ke Puncak

“Ya kalau saya sih sudah berkali-kali bilang ke mereka kalau ada kesempatan main di klub luar, ya keluar lah. Karena tantangannya juga bagus, tata kelola kompetisinya juga lebih baik. Toh di sana main bola juga kan bukan main band,” kata Fakhri saat dihubungi Tribunnews, Selasa (26/1/2021).

Coach Fakhri Husaini, Pelatih Timnas U19 Indonesia jelang Lawan Iran di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (10/92019) sore.
Coach Fakhri Husaini, Pelatih Timnas U19 Indonesia jelang Lawan Iran di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (10/92019) sore. (TRIBUNNEWS.COM)

Fakhri juga memberikan pesan lain, apabila pemain dapat kesempatan bermain di klub luar, mereka harus bisa bekerja keras hingga bisa tembus ke skuat utama.

Baca juga: Pemain Masa Depan Indonesia Bikin Gol di Eropa, Selang Sehari Witan Sulaeman Susul Egy Maulana Vikri

Pasalnya, menurut Fakrhi pemain tidak akan berguna jika di sana tak dapat kesempatan bermain yang banyak.

“Tentu akan bagus buat masa depan sepakbola kita semakin banyak pemain muda kita di luar tapi sarannya harus main lah di sana bukan hanya kontrak di sana,” kata Fakhri.

“Kemudian kalau sepanjang tahun tidak pernah main ya sama saja karena yang akan menambah pengalaman mereka itu bertanding bukan cuma latihan doang. Jam terbang bertandingnya yang menentukan kualitas mereka,” jelasnya.

Baca juga: Cerita di Balik Gol Perdana Egy Maulana Vikri di Skuat Utama Lechia Gdansk: 3 Kali Ganti Posisi

Seperti diketahui, di tengah ketidakjelasan kompetisi, dua pemain muda Indonesia, Syahrian Abimanyu dan Asnawi Mangkualam baru saja resmi bermain di klub luar negeri.

Syahrian Abimanyu dikontrak klub kaya raya asal Malaysia, Johor Darul Takzim selama tiga tahun. Di tahun pertamanya ini, ia dipinjamkan ke klub asal Australia, Newcastle Jets.

Sementara Asnawi Mangkualam baru saja resmi menjadi pemain Ansan Greeners yang berlaga di kompetisi Liga 1 Korea Selatan.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved