Breaking News:

Liga Inggris

Terjun Bebas, Perbandingan Jomplangnya Rapor Liverpool Seusai 25 Laga Musim Ini dan Musim Lalu

Sejauh 25 pertandingan liga musim ini, skuad juara bertahan di bawah asuhan pelatih Juergen Klopp hanya meraih 11 kemenangan

Paul ELLIS / POOL / AFP
Gelandang Inggris Liverpool Curtis Jones berjalan di sekitar lapangan setelah diganti selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Everton di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 20 Februari 2021. Paul ELLIS / POOL / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Lembaran catatan buruk Liverpool sepanjang musim ini bertambah setelah The Reds kalah 0-2 dari Everton dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League.

Hasil dari laga bertajuk derbi Merseyside pada Sabtu (20/2/2021) atau Minggu dini hari WIB itu adalah kekalahan ketujuh Liverpool musim ini di ajang Premier League, sekaligus keempat secara beruntun.

Baca juga: Momen Pelatih Liverpool Juergen Klopp Emosi Ditertawakan Asisten Pelatih Everton

Gelandang Liverpool Mesir Mohamed Salah bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Liverpool di Stadion King Power di Leicester, Inggris tengah pada 13 Februari 2021.
Michael Regan / POOL / AFP
Gelandang Liverpool Mesir Mohamed Salah bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Liverpool di Stadion King Power di Leicester, Inggris tengah pada 13 Februari 2021. Michael Regan / POOL / AFP (Michael Regan / POOL / AFP)

Bahkan, jika dibandingkan dengan raihan musim lalu ketika mereka menjadi salah satu juara terbaik sepanjang seajarah Liga Inggris, capaian Liverpool di kancah Premier League 2020-2021 ini bisa dibilang seperti terjun bebas.

Sejauh 25 pertandingan liga musim ini, skuad juara bertahan di bawah asuhan pelatih Juergen Klopp hanya meraih 11 kemenangan dan tujuh hasil seri, dengan total 40 poin.

Sementara, musim lalu Liverpool berhasil menang dalam 24 pertandingan serta hanya sekali ditahan imbang pada periode serupa, hingga mampu mendulang 73 angka. 

Baca juga: VIDEO Mohamed Salah Tampak Linglung Karena Diving Tak Dihiraukan Siapapun, Morgan: Ini Menyedihkan!

Berdasarkan statistik yang dirangkum KOMPAS.com dari tayangan Premier League Matchday Extra di MolaTV, Liverpool juga sudah 34 kali kebobolan sepanjang musim ini.

Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak jika menengok catatan musim lalu, yang hanya kemasukan 15 gol dari jumlah pertandingan sama.

Perbandingan performa Liverpool setelah 25 laga musim lalu dan musim 2020-2021 kini.
Perbandingan performa Liverpool setelah 25 laga musim lalu dan musim 2020-2021 kini. (MOLATV)

Klopp tahu betul timnya berada dalam masalah, sehingga berupaya membangkitkan semangat timnya di berbagai kesempatan termasuk dengan mengumpulkan para pemain sesaat jelang babak kedua.

"Kami merasakan secara mendalam kekalahan kali ini, saya tahu betul bagaimana pentingnya pertandingan kali ini," ujar Klopp seusai duel kontra Everton.

"Mulai besok saya hanya akan membawa hal positif dari laga ini untuk mengubah peruntungan tim, termasuk meningkatkan penyelesaian akhir."

Baca juga: Cukup 3 Laga di Southampton, Takumi Minamino Sudah Lampaui Torehan Golnya di Liverpool

Liverpool memang baru mencatat 45 gol dari 25 pertandingan, berselisih 15 buah dari torehan pada periode serupa musim lalu.

Anjloknya performa Liverpool musim ini, dengan selisih 23 angka setelah melalui 25 pekan pertandingan bukan yang terburuk sebagai tim juara bertahan.

Raihan terburuk sebagai juara bertahan dalam 25 pekan pertandingan Premier League milik Liverpool masih lebih baik dibandingkan Leicester City musim 2016-2017 dan Chelsea musim 2015-2016.

Leicester hanya mengoleksi 21 angka dalam 25 pertandingan di musim itu, sementara semusim sebelumnya Chelsea mendulang 30 angka sebagai tim berstatus juara bertahan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbandingan Mengenaskan Rapor Liverpool Seusai 25 Laga Musim Ini dan Musim Lalu"

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved