Breaking News:

Liga 1

Jokowi Buka Peluang Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Dihadiri Penonton

Menpora Amali menegaskan akan memastikan betul siapa saja yang bisa masuk dalam stadion jika izin diberikan hanya untuk sebagian penonton.

TRIBUNNEWS.COM/Muhammad Nursina
Menpora, Zainudin Amali saat memberikan pernyataan terkait Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang kompetisi Liga 1 2021 dan Liga 2 digelar dengan dihadiri penonton. Kans laga sepak bola dengan penonton itu dikatakan Presiden Jokowi usai mendengar banyaknya aspirasi dari masyarakat.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Presiden Jokowi menampung keinginan dan kerinduan suporter dan penikmat sepak bola untuk bisa menyaksikan langsung pertandingan dari stadion meski dalam situasi pandemi Covid-19.

Karena itu kemudian Presiden memerintahkan kepada Menpora Amali untuk membuat kajian lebih lanjut terkait gelaran Liga 1 dengan sebagian penonton.

"Presiden meminta saya membuat kajian. Kami juga akan melihat juga percepatan vaksinasi. Tentu akan benar-benar kami hitung. Tapi Presiden buka peluang (sebagian penonton) dan menyampaikan kepada saya untuk mengkaji itu," kata Menpora dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Nantinya setelah kajian selesai, hasilnya akan dilaporkan lebih dulu kepada Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah meminta Menpora berkomunikasi dengan pihak penyelenggara, baik PT Liga Indonesia Baru (LIB) maupun PSSI dan pihak keamanan untuk memastikan hal tersebut.

Baca juga: Serba-serbi Manchester City ke Semifinal Liga Champions: Ayah Haaland Bingung & Tweet Phil Foden

Menpora Amali menegaskan akan memastikan betul siapa saja yang bisa masuk dalam stadion jika izin diberikan hanya untuk sebagian penonton. Amali mengatakan, hal ini bukan persoalan yang ringan.

Intinya kata Amali, peluang menghadirkan suporter di pertandingan Liga 1 dan Liga 2 kembali terbuka. Namun yang pasti, pengkajian yang mendalam harus dilakukan secara saksama demi bisa kompetisi mendapat izin Polri.

"Kita harus kaji betul ini, kaji serius, makanya pernyataan saya kemarin kita tidak gegabah, tetapi tidak mendiamkan. Kita tetap melakukan kajian agar menjadi dasar bagi izin kepolisian," jelas Menpora.

Lebih lanjut, Menpora menyebut bahwa Jokowi memang begitu memperhatikan aspirasi terkait laga sepak bola dihadiri penonton langsung.

Halaman
12
Penulis: Abdul Majid
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved