Breaking News:

Piala Menpora 2021

Kata Menpora Soal Wasit Laga Panas Persija Vs PSM Makassar yang Bertabur 12 Kartu Kuning

Wasit Imam Tohari mengeluarkan 12 kartu kuning dan satu kartu merah pada pertandingan tersebut.

TRIBUN JOGJA/TRIBUN JOGJA/SIGIT WIDYA
Laga Semi Final Leg Pertama Piala Menpora 2021 PSM Makasar (Merah) VS PERSIJA Jakarta (Putih) di Stadion Maguwoharjo, Depok, Yogyakarta, Minggu (11/4/2021). TRIBUN JOGJA/SIGIT WIDYA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan dirinya turut menyaksikan pertandingan semifinal leg pertama antara Persija Jakarta vs PSM Makassar.

Dalam pertandingan tersebut, Menpora Amali justru memberikan pujian terhadap kepemimpinan wasit Hamim Tohari yang dinilainya sangat tegas.

Imam Tohari mengeluarkan 12 kartu kuning dan satu kartu merah pada pertandingan tersebut.

Baca juga: Skuat Lokal PSM Bisa Imbangi Persija dengan 7 Pemain Impor, Batolla: Level Mereka di Atas Kami

“Saya lihat pertandingan semifinal semalam ya itu berat karena sama-sama ngotot dan keras. Terbukti baru empat menit sudah empat kartu, itu berarti indikasi pertandingannya keras,” kata Menpora Amali kepada Tribunnews, Jumat (16/4/2021).

Laga Semi Final Leg Pertama Piala Menpora 2021 PSM Makasar (Merah) VS PERSIJA Jakarta (Putih) di Stadion Maguwoharjo, Depok, Yogyakarta, Minggu (11/4/2021). TRIBUN JOGJA/SIGIT WIDYA
Laga Semi Final Leg Pertama Piala Menpora 2021 PSM Makasar (Merah) VS PERSIJA Jakarta (Putih) di Stadion Maguwoharjo, Depok, Yogyakarta, Minggu (11/4/2021). TRIBUN JOGJA/SIGIT WIDYA (TRIBUN JOGJA/TRIBUN JOGJA/SIGIT WIDYA)

“Tapi saya lihat wasitnya tidak panik dan tidak emosional, itu kuncinya. Kalau dia tenang dia bisa objektif. Tentu kalau ada yang kurang karena mungkin dia tidak terlihat, beda kan dengan kita kalau nonton di TV bisa jelas lihatnya,” lanjutnya.

Baca juga: Hasil PSM Makassar Vs Persija, Total 12 Kartu Kuning, Satu Kartu Merah, Nihil Gol

“Secara keseluruhan saya lihat khusus untuk wasit yang semalam ya itu wasitnya tegas, tenang dan tidak emosional. Dari mukanya kelihatan,” jelasnya.

Menpora Amali bahkan turut menganalisis bagaiman wasit Hamim Tohari saat melayangkan kartu kepada pemain.

Setelah ia amati, ia menilai Hamim Tohari bisa mengambil keputusan yang tepat sehingga pemain yang diberi kartu juga tidak melakukan protes keras dan pertandingan berjalan lancar hingga usai.

Baca juga: Viral Adu Mulut Marko Simic dan Andritany Ardhiyasa, Bench Persija Sempat Panas, Ada Apa?

Seperti diketahui, pertandingan Persija vs PSM Makassar pada semifinal Piala Menpora 2021 leg pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

“Dan karena dasar dia ambil keputusan objektif sehingga tidak ada protes yang berlebihan apalagi yang terakhir si (Marco) Motta kartu merah karena dua kali kartu kuning,” kata Menpora Amali.

“Saya kira dia tegas kalau wasit ragu-ragu ambil keputusan itu pasti akan kacau, pemain juga akan protes berlebihan tapi kan kemarin kita lihat pemain ya cuma protes biasa saja dan lancar lagi,” pungkasnya.

Pertandingan semifinal leg kedua antara Persija Jakarta vs PSM Makassar bakal tersaji pada Minggu (18/4/2021) di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pukul 20.30 WIB.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved