Piala AFF 2020

Pelatih Thailand Puji Penampilan Pemain Muda Timnas Indonesia Di Piala AFF 2020

Alexandre Polking terkesan dengan daya juang yang ditampilkan para pemain timnas Indonesia di pertandingan kedua Final Piala AFF 2020. 

AFP/ROSLAN RAHMAN
Pelatih kepala Timnas Thailand Alexandre Polking (kiri) melakukan selebrasi setelah timnya memenangkan pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 melawan Timnas Vietnam di National Stadium di Singapura pada 23 Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelatih Thailand, Alexandre Polking terkesan dengan daya juang yang ditampilkan para pemain timnas Indonesia di pertandingan kedua Final Piala AFF 2020

Di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (1/1/2022), Thailand bermain imbang 2-2 dengan Indonesia. 

Hasil ini mengantar negara berjuluk "Gajah Perang" menjuarai piala AFF setelah mengalahkan Indonesia dengan agregat 6-2. 

Pelatih kepala Timnas Thailand Alexandre Polking (kiri) mengucapkan selamat kepada Adisak Kraisorn atas golnya pada pertandingan leg kedua final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Thailand dan Timnas Indonesia di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). (Roslan RAHMAN/AFP)
Pelatih kepala Timnas Thailand Alexandre Polking (kiri) mengucapkan selamat kepada Adisak Kraisorn atas golnya pada pertandingan leg kedua final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Thailand dan Timnas Indonesia di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

"Hari ini kita tahu bahwa Indonesia mencoba menang, mereka berusaha keras untuk bisa memenangkan pertandingan," ucap Polking usai pertandingan. 

"Saya harus mengucapkan selamat untuk para pemain muda Indonesia," imbuh dia. 

Dari yang diamati Polking, para pemain muda di Timnas Indonesia bakal memiliki masa depan yang cerah. 

Pelatih kepala Timnas Thailand Alexandre Polking memberi isyarat pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional di Singapura pada 26 Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP)
Pelatih kepala Timnas Thailand Alexandre Polking memberi isyarat pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional di Singapura pada 26 Desember 2021. (Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/Roslan RAHMAN)

Itu karena Polking melihat Asnawi Mangkualam dan kolega menunjukkan semangat juang yang tinggi untuk bisa mengalahkan Thailand. 

"Mereka masih muda, usianya masih 20 tahun sekian dan telah menunjukkan tekad yang besar untuk meraih kemenangan. Mereka bakal memiliki masa depan yang cerah, kalian bisa lihat itu di pertandingan malam ini," ucap Polking.

"Keberhasilan kami membalikkan keadaan setelah kalah 0-1 di babak pertama, itu sangat penting," sambung dia. 

Baca juga: Timnas Indonesia Piala AFF 2020 Memulai Karantina Selama 10 Hari

Selain itu, Polking juga mengapresiasi kerja keras seluruh pemain Thailand yang sukses memenangkan Piala AFF untuk ketiga kalinya. 

Anggota tim Indonesia, (baris belakang dari kiri ke kanan) Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga Santosa, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Dedik Setiawan, Nadeo Arga Winata, Asnawi Mangkualam Bahar, (baris depan dari kiri ke kanan) Egy Mualana Vikri, Witan Sulaeman, Ramai Melvin Rumakiek, Pratama Arhan Alif Rifai dan Ricky Richardo Kambuaya, berfoto bersama jelang pertandingan leg kedua final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Thailand dan Indonesia di National Stadium, Singapura, 1 Januari 2022. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)
Anggota tim Indonesia, (baris belakang dari kiri ke kanan) Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga Santosa, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Dedik Setiawan, Nadeo Arga Winata, Asnawi Mangkualam Bahar, (baris depan dari kiri ke kanan) Egy Mualana Vikri, Witan Sulaeman, Ramai Melvin Rumakiek, Pratama Arhan Alif Rifai dan Ricky Richardo Kambuaya, berfoto bersama jelang pertandingan leg kedua final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Thailand dan Indonesia di National Stadium, Singapura, 1 Januari 2022. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Namun demikian, Polking tidak ingin para pemain jumawa. Ada sejumlah turnamen yang masih harus dihadapi Thailand di tahun 2022. 

"Terimakasih kepada semua pemain yang telah bekerja keras, kita telah melakukan pekerjaan yang hebat," ujar Polking. 

Baca juga: Ketum PSSI: Shin Tae-yong Diberi Wewenang Pilih Materi Pemain Ke Piala AFF U-23

"Kami sangat bangga pada kalian, tapi kita masih memiliki banyak pekerjaan di depan mata. Kita tidak hanya menargetkan untuk juara Piala AFF," sambung dia. 

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    2
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved