Timnas Indonesia

Witan Sulaeman: Pemain Indonesia yang Dapat Tawaran Klub Luar Negeri Janganlah Menolak

Menurut pemain milik Lechia Gdansk itu bermain di klub luar negeri akan meningkatkan kualitas, mental dan pengalaman bertanding yang lebih baik.

AFP/ROSLAN RAHMAN
Pemain Indonesia Witan Sulaeman merayakan golnya pada pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 22 Desember 2021. (Foto oleh Roslan RAHMAN / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemain pilar Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020, Witan Sulaeman mendukung penuh pemain-pemain muda Indonesia untuk bisa bermain di klub-klub luar negeri.

Menurut pemain milik Lechia Gdansk itu bermain di klub luar negeri akan meningkatkan kualitas, mental dan pengalaman bertanding yang lebih baik.

Baca juga: Witan Suleman Ungkap Pesan Khusus Shin Tae-yong dan Jelaskan Soal Dijemput Mobil Bak Terbuka

Baca juga: Para Pemain Timnas Indonesia yang Direkomendasi Abroad, Layak Berkarier di Luar Negeri

Selebrasi Witan Sulaeman setelah mencetak gol pembuka Timnas Indonesia ke gawang Singapura pada babak pertama menit 28 dalam lanjutan Semifinal Piala AFF 2020 leg pertama di Stadion Nasional, Rabu (22/12/2021) malam WIB.
Selebrasi Witan Sulaeman setelah mencetak gol pembuka Timnas Indonesia ke gawang Singapura pada babak pertama menit 28 dalam lanjutan Semifinal Piala AFF 2020 leg pertama di Stadion Nasional, Rabu (22/12/2021) malam WIB. (Instagram @PSSI)

Baca juga: Rendering Kekuatan Timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23 2023, Garuda Muda Dijejali Wonderkid

Sebelumnya dikabarkan klub-klub asal Korea Selatan tengah meminati pemain muda Indonesia yakni Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga yang tampil apik selama gelaran Piala AFF 2020.

“Ya itu baik buat mereka sehingga bisa melihat dan banyak pengalaman dari sepakbola luar bagaimana, karena budaya kita dan mereka berbeda. Kita sama-sama bisa belajar bagaimana melihat budaya sepakbola luar sehingga bisa mempelajarinya,” kata Witan di Hotel Sultan Jakarta pada Kamis lalu.

Dukungan yang sama juga dilontarkan kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Baca juga: Shin Tae-yong Beberkan Sejumlah Pemain Timnas Indonesia Diincar Klub Korea Selatan

Selebrasi Witan Sulaeman yang mengenakan jersey Timnas Indonesia bernomor punggung 8
Selebrasi Witan Sulaeman yang mengenakan jersey Timnas Indonesia bernomor punggung 8 (Instagram @PSSI)

Baca juga: Para Jebolan Piala AFF 2020 Sudah di Tangan, Shin Tae-yong Cari Pemain Timnas U-23 di Bali

Asnawi yang sudah lebih dulu bermain di Liga 2 Korea bersama Ansan Greeners berharap Arhan dan Dewangga langsung menerima apabila ada klub dari luar negeri yang serius menginginkannya.

“Ya itu kan bagus juga buat Timnas Indonesia. Saya harap pemain-pemain yang dapat tawaran jangan menolak lah, itu kan buat karier mereka apalagi mereka lebih muda dari saya,” kata Asnawi.

“Saya harap mereka tidak boleh tolak kalau bisa langsung terima saja berapapun nominalnya. Risiko main di luar ya seperti itu, kita harus berjuang dulu baru dapat hasil yang baik,” sambungnya.

Baca juga: Shin Tae-yong Beberkan Komposisi Timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23: Tanpa Egy, Elkan, Witan

Pemain asal Indonesia yang bermain di Korea Selatan dengan Ansan Greeners FC, Asnawi Mangkualam terpilih sebagai Duta Kehormatan Pariwisata Korea oleh pemerintah Kota Ansan.
Pemain asal Indonesia yang bermain di Korea Selatan dengan Ansan Greeners FC, Asnawi Mangkualam terpilih sebagai Duta Kehormatan Pariwisata Korea oleh pemerintah Kota Ansan. (Instagram Verifikasi Asnawi Mangkualam @asnawi_bhr)

Baca juga: Saran Asnawi Buat Arhan dan Dewangga yang Dilirik Klub Korea: Terima Saja Berapapun Nominalnya

Seperti diketahui, sebelumnya dikabarkan Asnawi didatangkan Ansan Greeners dengan nominal kontrak RP 800 juta per musim.

Kontrak Asnawi justru turun dari klub lamanya, PSM Makassar yang sanggup membayarnya sekitar Rp 2 miliar.

Meski demikian, Asnawi menegaskan bahwa dirinya tak mempermasalahkan itu lantaran ia memang ingin bermain di klub luar negeri guna mengasah kemampuannya.

Baca juga: Shin Tae-yong Tancap Gas, Tak Pulang ke Korea, Kumpulkan Asisten Pantau & Analisis Pemain Potensial

Satu musim bersamaan Ansan, kualitas pemain 22 tahun itu semakin apik hingga mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong sebagai kapten Timnas Indonesia.

Dan terbaru pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu langsung diperpanjang oleh Ansan Greeners dengan durasi kontrak selama dua tahun.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved