Super Pandit

Newcastle, Man City & Kiprah Barisan Klub yang Jor-joran di Bursa Transfer Berkat Dana Taipan Arab

Gelontoran dana sebesar 113 juta dollar Newcastle habiskan untuk memboyong lima pemain mentereng yang bermain di berbagai liga top eropa.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Drajat Sugiri
Paul ELLIS / AFP
Para pemain beristirahat di sisi lapangan setelah keadaan darurat medis di kerumunan berhenti bermain sesaat sebelum turun minum selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle United dan Tottenham Hotspur di St James' Park di Newcastle-upon-Tyne, timur laut Inggris pada 17 Oktober 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Newcastle United menunjukkan dominasinya di bursa transfer pertengahan musim ini.

Gelontoran dana sebesar 113 juta dollar mereka habiskan untuk memboyong lima pemain mentereng yang bermain di berbagai liga top eropa.

Lima pemain tersebut adalah Bruno Guimaraes (46 juta dollar), Chris Wood (33 juta dollar), Kieran Trippier (17 juta dollar), Dan Burn (17 juta dollar), dan meminjam pemain Aston Villa Matt Targett.

Ini adalah awal dari revolusi yang dilakukan The Magpies guna mengeluarkan mereka dari zona degradasi dan berbicara lebih banyak di Liga Inggris.

Gelandang Newcastle United Prancis Allan Saint-Maximin (kanan) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pembuka pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle United dan Manchester United di St James' Park di Newcastle-upon-Tyne, Inggris timur laut pada 27 Desember , 2021.
Gelandang Newcastle United Prancis Allan Saint-Maximin (kanan) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pembuka pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Newcastle United dan Manchester United di St James' Park di Newcastle-upon-Tyne, Inggris timur laut pada 27 Desember , 2021. (Paul ELLIS / AFP)

Baca juga: Bruno Guimaraes Segera Merapat ke Newcastle, Gelandang Asal Brasil, Rekrutan Ketiga di Bulan Januari

Baca juga: Saatnya Rangnick Melirik Jesse Lingard di Manchester United, Tiru langkah Jitu Moyes & Southgate

Ya, sejak Oktober 2021 Newcastle United telah resmi diakuisisi oleh konsorsium milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Mohammed bin Salman membeli Newcastle United melalui perusahaan konsorsiumnya, Public Investment Fund (PIF).

PIF menggelontorkan dana sebesar 300 juta poundsterling atau setara dengan Rp5,8 triliun untuk menyelesaikan proses akuisisi tersebut. 

Faktanya, sejumlah taipan Arab memang doyan mengakuisisi klub-klub sepak bola di eropa, sebelum Newcastle United, ada 5 klub mentereng eropa yang dimiliki oleh taipan Arab.

Gelontoran dana pun juga dikucurkan untuk memboyong pemain ternama, namun, tak semuanya berjalan sesuai rencana.

Siapakah 5 Klub tersebut dan bagaimana perkembangan mereka hingga saat ini? Berikut ulasannya!

5. Malaga (Spanyol)

Malaga merupakan tim asal Spanyol yang didirikan pada tahun 1904. Sejak didirikan, Malaga adalah tim gurem yang berkali-kali mengalami naik turun kasta di Liga Spanyol.

Namun, pada tahun 2010 silam, Malaga diakuisisi oleh pengusaha kaya raya asal Qatar, Sheikh Abdullah bin Nasser Al-Thani.

Sang Sheikh datang sebagai Presiden baru Malaga setelah mengakuisisi saham terbesar klub dengan mahar 36 juta euro atau sekitar 590 miliar rupiah.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Arsenal
    19
    16
    2
    1
    45
    11
    29
    50
    2
    Manchester City
    20
    14
    3
    3
    53
    14
    33
    45
    3
    Newcastle
    20
    10
    9
    1
    33
    11
    22
    39
    4
    Manchester United
    20
    12
    3
    5
    32
    20
    7
    39
    5
    Tottenham
    21
    11
    3
    7
    40
    21
    9
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved