Kemenpora Bakal Bantu PSSI Percepat Proses Naturalisasi Pemain Keturunan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pihaknya membantu percepatan naturalisasi pemain keturunan

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Tribunnews.com/majid
Menpora Zainudin Amali, Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus Nusi saat meninjau TC perdana Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (2/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pihaknya membantu percepatan naturalisasi pemain keturunan yang sebelumnya diajukan PSSI.

Kedua pemain yang dokumennya sudah lengkap yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Begitu proses naturalisasi selesai, Jordi Amat dan Sandy Walsh diharapkan sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia saat tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023

“Administrasi tinggal kami lengkapi dan kami kan sudah rakor dengan Ketum PSSI begitu selesai administrasinya kami upayakan segera,” kata Menpora Amali usai meninjau TC Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (2/3/2022).

“Kamu harus hati-hati betul jangan sampai sudah dinaturalisasi tak bisa main. Jadi kami sudah kebut. Begitu masuk di pemerintah saya instruksikan jajaran di Kemenpora agar membantu sesegera mungkin,” jelasnya.

Tak hanya Jordi Amat dan Sandy Walsh, Menpora Amali mengatakan sudah ada satu nama lagi yang masuk ke Kemenpora untuk bisa dinaturalisasi.

Namun dirinya tak menyebut siapa satu nama tersebut.

Seperti diketahui, setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh yang tengah menjalani proses naturalisasi, PSSI kini menyiapkan untuk menaturalisasi dua pemain lainnya yakni Emil Audero Mulyadi dan Jordy Wehrmann.

Kedua pemain itu juga telah mendapatkan persetujuan Shin Tae-yong, Emil Audero Mulyadi berposisi sebagai penjaga gawang sementara Jordy Wehrmann bermain sebagai gelandang tengah.

“Pokoknya kami bantu PSSI untuk mempercepat proses. Kalau untuk apa PSSI nanti yang menentukan,” kata Menpora.

“Sekarang ada dua, mau ketiga tapi sedang diproses administrasi. Proses administrasi beres kami dorong. Presiden terkait naturalisasi berikan kepercayaan ke PSSI. Sepanjang untuk mempercepat, karena ini jangka pendek. Jangka panjang tetap kebutuhannya pembinaan,” jelasnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    2
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved