Liga 3

PSSI Diminta Investigasi Wasit Laga Farmel FC Vs Persikota

Pertandingan Farmel FC vs Persikota Tangerang pada pada babak 16 besar Liga 3 grup CC sempat menjadi sorotan publik.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Super Ball/Feri Setiawan
Tommy Welly 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pertandingan Farmel FC vs Persikota Tangerang pada pada babak 16 besar Liga 3 grup CC sempat menjadi sorotan publik.

Persikota Tangerang yang saat itu kalah 3-0 merasa sangat dirugikan dengan keputusan wasit yang dinilai berpihak kepada Farmel FC.

Wasit Untung Santoso sebagai pemimpin pertandingan memberikan keputusan tak benar kepada Persikota seperti posisi onside dianggap offside kemudian juga dia bergeming terhadap pelanggaran di kotak penalti Farmel FC.

Pemilik Persikota Tangerang yang juga seorang publik figur, Prilly Latuconsina juga sempat mengungkapkan kekesalannya atas kejadian tersebut bahkan ia meminta kepada PSSI agar melihat kejadian ini sehingga kedepan tak terulang lagi.

Prilly Latuconsina mencurahkan kekecewaannya kepada wasit yang memimpin pertandingan sepak bola antara Persikota Tangerang melawan Farmel FC pada Minggu (6/3/2022) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo yang dinilai tidak adil.
Prilly Latuconsina mencurahkan kekecewaannya kepada wasit yang memimpin pertandingan sepak bola antara Persikota Tangerang melawan Farmel FC pada Minggu (6/3/2022) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo yang dinilai tidak adil. (Instagram @prillylatuconsina96)

Pengamat sepakbola, Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel pun mengaku turut prihatin dengan kejadian ini..

“Liga 3 sejak babak 64 besar, kasusnya berulang-ulang. Wasitnya dikejar-kejar dan ricuh di lapangan karena wasit. Respons PSSI masih sebatas akan diperbaiki atau dikenai sanksi,” kata Bung Towel dalam akun YouTube-nya, Gocek Bung Towel.

“Kita melihat respons PSSI memang seolah-olah gerak cepat. Langsung memulangkan wasit. Lho, seharusnya jangan dipulangkan. Namun, diisolasi untuk diinvestigasi supaya ketahuan akar masalahnya,” lanjutnya.

Menurut Bung Towel, PSSI seharusnya bisa mencari tahu lebih jauh mengapa wasit melakukan hal tersebut.

Dengan begitu publik sepakbola Indonesia bisa tahu apa sebabnya.

“Apakah wasit itu cakap atau ada faktor lain yang mempengaruhi performa wasit. Kenapa perlu? Itu yang ditunggu-tunggu publik sepak bola. Publik ingin tahu mengapa wasit berperilaku demikian,” ujar Bung Towel.

“Kalau wasitnya kontroversi karena ketidakcakapan, berarti PSSI salah memilih wasit yang tidak cakap. Apakah betul faktornya itu? Sulit diterima karena kejadiannya berulang-ulang dan aktornya adalah wasit,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku geram dengan tindakan wasit tersebut.

Ia pun meminta kedepan tak ada lagi wasit yang melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan.

Iriawan menyoroti kepemimpinan wasit pada beberapa partai 16 besar Liga 3. Ia melihat bahwa pengadil pertandingan berulang kali melakukan kesalahan

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat ditemui Tribun Network di Kantor PSSI, Menara Olahraga, Senayan, Jakarta, Kamis (13/1/2022).
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat ditemui Tribun Network di Kantor PSSI, Menara Olahraga, Senayan, Jakarta, Kamis (13/1/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Perangkat pertandingan yang memimpin partai Farmel FC kontra Persikota Tangerang yang terdiri dari Untung Santoso sebagai wasit, Hidayat selaku asisten wasit pertama, dan Yulianto sebagai asisten wasit tidak bertugas dengan benar.

“Coba kalian lihat lagi video rekaman Farmel dan Persikota. Sekali lagi, kalian ditonton oleh ratusan juta pasang mata yang mencintai sepak bola Indonesia,” kata Iriawan saat menggelar virtual dengan wasit Liga 3.

“Yang baik tingkatkan. Kedepannya jangan ada salah lagi. Apa yang terjadi dengan para wasit-wasit terkait keputusan kontroversial dampaknya bukan ke kalian saja, tapi kami, PSSI,”

“Kalian para wasit harus punya integritas, memimpin dengan benar dan hati nurani jangan ada keberpihakan atau salah keputusan,” tegasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Madura United
10
7
2
1
19
5
14
23
2
PSM Makasar
10
6
4
0
18
6
12
22
3
Persita
11
7
1
3
18
13
5
22
4
Bali United
11
7
0
4
22
13
9
21
5
Persija Jakarta
10
6
3
1
12
5
7
21

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved