Super Pandit

Kebangkitan Persipura di BRI Liga 1, Kecerdasan Alfredo Vera & Skenario Selamat dari Degradasi

Di saat-saat krusial Persipura Jayapura yang terancam terdegradasi dari BRI liga 1 mulai mampu menunjukkan identitas mereka sebagai tim besar.

Penulis: deivor ismanto
Editor: Drajat Sugiri
Instagram @Persipurapapua1963
Gelandang Persikabo, Manahati Lestusen dihadang pemain Persipura Jayapura dalam lanjutan pekan 29 BRI Liga 1 2021 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (5/3/2022) sore ini 

TRIBUNNEWS.COM - Di saat-saat krusial Persipura Jayapura yang terancam terdegradasi dari BRI liga 1 mulai mampu menunjukkan identitas mereka sebagai tim besar.

Dari enam laga terakhir, Persipura tak pernah menyentuh kekalahan dengan rekor empat kali menang dan dua kali meraih hasil imbang.

Bahkan tim papan atas sekaliber Bhayangkara FC sukses Mutiara Hitam kalahkan dengan skor tipis 2-1.

Terakhir, kemenangan meyakinkan berhasil mereka torehkan kala membantai PSIS Semarang dengan skor empat gol tanpa balas.

Kecerdasan sang juru taktik, Alfredo Vera menjadi kunci rangkaian hasil positif Persipura di penghujung musim ini.

Bermain dengan sistem 4-4-2, ia menaruh dua striker asing Mutiara Hitam, Yehven Bokhashvili dan Ramiro Fergonzi bermain free role.

Ekspresi pelatih Persipura Jayapura, Angel Alfredo Vera (kiri) usai timnya berhasil memenangi pertandingan melawan PSIS Semarang pada laga pekan ketujuh belas BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/12/2021) malam. Persipura berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 (0-1) berkat gol yang dicetak oleh Yohanes Ferinando Pahabol (54') dan Gunansar Papua Mandowen (70'). Sementara PSIS Semarang mencetak gol lebih dahulu lewat Aqsha Saniskara Prawira (42'). Tribunnews/Muhammad Nursina
Ekspresi pelatih Persipura Jayapura, Angel Alfredo Vera (kiri) usai timnya berhasil memenangi pertandingan melawan PSIS Semarang pada laga pekan ketujuh belas BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/12/2021) malam. Persipura berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 (0-1) berkat gol yang dicetak oleh Yohanes Ferinando Pahabol (54') dan Gunansar Papua Mandowen (70'). Sementara PSIS Semarang mencetak gol lebih dahulu lewat Aqsha Saniskara Prawira (42'). Tribunnews/Muhammad Nursina (Tribunnews/Muhammad Nursina)

Baca juga: Klasemen Liga 1 Seusai Persipura Gulung PSIS 4-0, Mutiara Hitam Belum Lolos dari Zona Degradasi

Baca juga: Klasemen dan Top Skor Liga 1: Persaingan Tiket Play Off AFC Cup dan Zona Degradasi Masih Sengit

Keduanya secara bergantian mengisi pos nomor 9 dan menjadi menjadi jembatan serangan Persipura di lini tengah.

Pahabol yang bermain di sisi kanan juga sewaktu-waktu muncul sebagai second striker yang mengecoh barisan pertahanan lawan.

Fleksibelnya cara bermain ketiga penyerang Persipura mampu membuat produktivitas gol Mutiara Hitam melesat.

Dari tiga pertandingan terakhir, Persipura mapu melesatkan bola ke jala gawang lawan sebanyak 10 kali.

Ide untuk menjadikan Ramai Rumakiek dan Ricky Cawor sebagai supersub juga dapat dikatakan brilian.

Cawor sudah tiga kali mampu menjadi juru selamat Persipura untuk membawa Persipura meraih kemenangan dan terhindar dari kekalahan lewat golnya di menit akhir.

Hal yang sama juga berhasil ditunjukkan Rumakiek, selain mampu menambah pundi-pundi gol persipura ke gawang PSIS Semarang.

Satu assistnya kepada gol yang diciptakan Pahabol kala menghadapi PSS Sleman adalah momentum kebangkitan Persipura di laga tersebut dan meraih tiga poin penting.

Aksi Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Timnas Timor Leste pada pertandingan FIFA Match Day di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Minggu (30/1/2022). Timnas Indonesia Menang 3-0 atas Timor Leste, tercatat gol pertama Timnas Indonesia lewat tendangan Terens Puhiri, dan Gol kedua melalui kaki Ramai Rumakiek, sedang gol ketiga sebagai menutup kemenangan Indonesia oleh Ricky Kambuaya. (TRIBUN BALI/NYOMAN MAHAYASA) *** Local Caption *** Gol Timnas Indonesia
Aksi Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Timnas Timor Leste pada pertandingan FIFA Match Day di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Minggu (30/1/2022). Timnas Indonesia Menang 3-0 atas Timor Leste, tercatat gol pertama Timnas Indonesia lewat tendangan Terens Puhiri, dan Gol kedua melalui kaki Ramai Rumakiek, sedang gol ketiga sebagai menutup kemenangan Indonesia oleh Ricky Kambuaya. (TRIBUN BALI/NYOMAN MAHAYASA) *** Local Caption *** Gol Timnas Indonesia (TRIBUN BALI/NYOMAN MAHAYASA)

Baca juga: Persib Bisa Pesta Gol ke Gawang Persik untuk Amankan Tiket AFC Cup, Rashid AJak Bobotoh Bersyukur

Baca juga: Deretan Bek Tangguh di Liga Inggris, Kumpul di Chelsea dan Liverpool, Ada Harry Maguire? 

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    21
    14
    3
    4
    37
    25
    10
    45
    2
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    3
    PSM Makasar
    22
    12
    8
    2
    39
    8
    22
    44
    4
    Madura United
    23
    11
    4
    8
    29
    14
    5
    37
    5
    Borneo
    22
    10
    6
    6
    38
    18
    14
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved