Liga Spanyol

Barcelona Pastikan ke Liga Champions Setelah Menang Atas Real Betis 2-1, Sekarang Bidik Finis Kedua

Gol Jordi Alba pada masa injury time memberikan Barcelona kemenangan 2-1 atas Real Betis untuk memastikan tiket Liga Champions.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Muhammad Barir
CRISTINA QUICLER / AFP
Bek Barcelona Spanyol Jordi Alba (kiri) merayakan setelah mencetak gol selama sepak bola Liga Spanyol antara Real Betis dan FC Barcelona di stadion Benito Villamarin di Seville pada 7 Mei 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, BARCELONA- Sebuah gol menakjubkan dari Jordi Alba pada masa injury time memberikan Barcelona kemenangan 2-1 atas Real Betis untuk memastikan tiket ke Liga Champions musim depan.

Tendangan voli Alba menyambut umpan silang dari Dani Alves membuat Barcelona kini unggul 11 ​​poin atas Betis yang berada di posisi kelima dengan tiga pertandingan tersisa di La Liga.

Dengan demikian, mereka dipastikan tak akan terkejar, dan sudah mengantongi tiket ke Liga Champions.

Barcelona memimpin di menit ke-76 berkat gol Ansu Fati. Itu menjadi gol pertama Fati sejak terakhir diciptakannya Januari lalu, sebelum cedera panjang menyergapnya.

Namun, tiga menit kemudian, Betis segera menyamakan kedudukan ketika mantan bek Camp Nou, Marc Bartra menanduk bola hasil tendangan sudut Nabil Fekir.

Gol telat Alba itu memastikan Pelatih Xavi Hernandez telah berhasil menyelesaikan misi utamanya setelah mengambil-alih tampuk pelatih Barca pada pertengahan musim.

Ini juga memberi Barcelona keunggulan lima poin di tempat kedua, meskipun Sevilla yang berada di posisi ketiga punya satu laga di tangan.

"Satu beban di pundak kami sudah terlepas. Ini bisa menjadi musim yang lebih sulit tetapi tim telah berkompetisi dengan baik sejak kami tiba pada bulan November," kata Xavi.

Dia mengakui, timnya tak selalu bermain dengan sangat baik.

"Tapi kami memiliki semangat untuk menang dan kami kompetitif. Kami menjadi tim papan atas lainnya di paruh kedua musim. Kami berada di Liga Champions, kompetisi yang pantas kami ikuti, sekarang kami ingin finis kedua," ujarnya menegaskan.

Barca sempat kesulitan memecahkan kebuntuan, sebelum Ansu Fati datang, dan memberikan impak instan. Masuk menit 75 menggantikan Ferran Torres, dia langsung mencetak gol satu menit kemudian.

"Ansu punya bakat hebat. Senang rasanya memiliki dia kembali. Gol itu adalah sesuatu yang telah kami bicarakan minggu ini mengenai lini pertahanan Betis," kata Xavi memuji.

“Dia pembuat perbedaan. Dia hanya membutuhkan setengah kesempatan untuk mencetak gol, bahkan dengan tembakan yang buruk. Dia mendapat dua peluang, mencetak satu dan yang lainnya berbahaya. Dia nyaman di sekitar kotak penalti," tuturnya.

Barcelona, ​​yang telah memenangkan 10 dari 12 pertandingan liga terakhir mereka, hampir pasti menduduki posisi kedua, dan merebut 3,4 juta euro yang akan diperoleh klub dengan pergi ke Piala Super Spanyol di Arab Saudi.

Kedua finalis Copa del Rey -- juara Betis dan runner-up Valencia -- juga akan bergabung di putaran final Piala Super Spanyol 2023 oleh dua tim teratas di klasemen LaLiga.

Betis, sementara itu, melewatkan kesempatan untuk menyamakan poin dengan Atletico yang berada di urutan keempat dalam upaya mereka untuk mengamankan tempat di Liga Champions musim depan.

Mereka tertahan di urutan kelima dengan 58 poin. (Tribunnews/den)

Rapor Pemain
Real Betis: Bravo 6, Sabaly 7, Pezzella 7, Bartra 7, Moreno 7, Rodriguez 8, Guardado 7, Canales 7, Fekir 7, Juanmi 6, Iglesias 6. Pemain pengganti: Silva 7, Carvalho 6, Rodri 6.

Barcelona: Neto 6, Alves 8, Araujo 9, Garcia 7, Alba 8, Busquets 8, Gavi 7, De Jong 6, Torres 5, Dembele 7, Depay 5. Pemain pengganti: Aubameyang 6, Traore 6, Fati 8, Puiq 6.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Arsenal
    19
    16
    2
    1
    45
    11
    29
    50
    2
    Manchester City
    20
    14
    3
    3
    53
    14
    33
    45
    3
    Newcastle
    20
    10
    9
    1
    33
    11
    22
    39
    4
    Manchester United
    20
    12
    3
    5
    32
    20
    7
    39
    5
    Tottenham
    21
    11
    3
    7
    40
    21
    9
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved