Piala Dunia 2022

Tim Krul, Pahlawan Terlupakan Timnas Belanda yang Andal Tepis Penalti di Piala Dunia

Nama Tim Krul bukanlah sosok penjaga gawang utama Timnas Belanda dalam ajang Piala Dunia, namun jasanya takkan pernah terlupakan oleh siapapun.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Claudia Noventa
FIFA
Aksi penjaga gawang pengganti Timnas Belanda, Tim Krul saat memblok tendangan penalti dari Kosta Rika yang diambil Michael Umana. 

TRIBUNNEWS.COM - Nama Tim Krul bukanlah sosok penjaga gawang utama Timnas Belanda dalam ajang Piala Dunia, namun jasanya takkan pernah terlupakan.

Pemain yang musim lalu memperkuat Norwich City itu pernah menjadi aktor utama dibalik kelolosan Belanda ke semifinal Piala Dunia tepatnya edisi 2014.

Krul yang dipercaya masuk lapangan menggantikan Jasper Cillesen yang menjadi kiper utama Belanda pada menit 120, menciptakan momen magis di babak perempat final Piala Dunia 2014..

Aksi penjaga gawang pengganti Timnas Belanda, Tim Krul saat memblok tendangan penalti dari Kosta Rika yang diambil Michael Umana.
Aksi penjaga gawang pengganti Timnas Belanda, Tim Krul saat memblok tendangan penalti dari Kosta Rika yang diambil Michael Umana. (FIFA)

Baca juga: Cara Jebolan Chelsea Tingkatkan Karier: Tinggalkan Inggris, Pilih Jerman untuk Piala Dunia 2022

Momen magis yang diciptakan Krul terjadi saat Belanda berebut tiket semifinal dengan Kosta Rica di fase perempat final Piala Dunia 2014.

Meskipun hanya bermain dengan tujuan adu penalti, Krul mampu menjawab kepercayaan Louis Van Gaal dengan penampilan heroik pada momen tersebut.

Krul setidaknya mampu menepis dua tendangan penalti tim Kosta Rica yang dilepaskan oleh Bryan Ruiz dan Michael Umana.

Kesuksesan Krul menepis dua penalti tersebut akhirnya menjadi kunci Belanda tembus ke semifinal Piala Dunia 2022.

Sekalipun Belanda gagal menjadi juara dalam ajang empat tahunan tersebut, kepahlawanan dadakan yang diperlihatkan Krul pada momen krusial tersebut akan selalu dikenang dalam sejarah Piala Dunia.

Kini, usia Krul sudah tak muda lagi dan mungkin telah terlupakan oleh Timnas Belanda yang akan kembali berlaga di panggung Piala Dunia 2022, November mendatang.

Baca juga: Masih Ingat Gaya Rambut Legenda Brazil Ronaldo di Piala Dunia 2002? Ternyata Pengalihan dari Cidera

Terlepas dari hal itu, Timnas Belanda tampaknya akan selalu mengenang kepahlawanan Tim Krul saat mengantarkan timnya lolos ke Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil, delapan tahun silam.

Selama membela Timnas Belanda, Tim Krul tercatat hanya bermain sebanyak 16 laga saja termasuk satu laga saja di panggung Piala Dunia 2022.

Uniknya, satu-satunya laga yang dilakoni Tim Krul dalam gelaran Piala Dunia terjadi pada momen perempat final Piala Dunia melawan Kosta Rica.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Arsenal
    19
    16
    2
    1
    45
    11
    29
    50
    2
    Manchester City
    20
    14
    3
    3
    53
    14
    33
    45
    3
    Newcastle
    20
    10
    9
    1
    33
    11
    22
    39
    4
    Manchester United
    20
    12
    3
    5
    32
    20
    7
    39
    5
    Tottenham
    21
    11
    3
    7
    40
    21
    9
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved