Liga 1

Didesak Suporter Persis Solo Mundur,  Jacksen F Tiago Kalem Soal #JFTOut

suporter Persis Solo mendesak agar pelatih Jacksen F Tiago segera hengkang dari Persis Solo dengan seruan di sosial media berupa tagar #JFTOUT.

Instagram @Persisofficial
Jacksen F Thiago saat memimpin latihan Persis Solo. Jacksen F Tiago didesak mundur oleh suporter Persis Solo lantaran kalah terus di empat laga awal Liga 1 2022. Lewat tagar #JFTOut, suporter Persis meminta manajemen mencari pelatih baru. 

Didesak Suporter Persis Solo Mundur,  Jacksen F Tiago Kalem Soal #JFTOut

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Klub promosi Liga 1 2022/2023, Persis Solo belum mendapatkan poin atau selalu kalah dari empat laga yang telah mereka jalani.

Kondisi tersebut membuat suporter Persis Solo mendesak agar pelatih Jacksen F Tiago segera hengkang dari Persis Solo dengan seruan di sosial media berupa tagar #JFTOUT.

Jacksen F Tiago yang mengetahui kondisi itu mencoba kalem dalam menanggapi desakan mundur dari suporter Persis Solo tersebut.

Baca juga: Bhayangkara FC vs Persis Solo, Janji Jacksen F Tiago Akhiri Paceklik, Kalau Kalah Lagi Bagaimana?

Baca juga: Apakah Sah Gol dari Lemparan ke Dalam? Polemik Gol Pemain PSIS Dewangga ke Gawang Persib

Menurut eks pelatih Persipura Jayapura tersebut, apa yang disuarakan suporter karena melihat kondisi tim kesayangannya tak kunjung menang merupakan hal yang lumrah terjadi.

Hal itu menurut Jacksen tak hanya terjadi di Liga Indonesia tapi di Brasil tempat ia berasal juga suporter melakukan hal yang sama.

“Mengenai tagar out saya kira itu konsekuensi dari dunia kita ya. Di Brasil saat kita mengikuti kursus pelatihan terutama yang pro, kita diajarkan nilai bagaimana menghadapi media, finansial dan lainnya termasuk supporter,” cerita Jacksen saat PMC kontra Bhayangkara FC, Kamis (18/8/2022).

“Di situ sudah disampaikan bahwa kita menghadapi dunia saat ini kita tidak boleh emosional, menanggapinya dengan marah tidak bisa karena itu merupakan perkembangan sepakbola,” katanya.

Baca juga: Pelatih Baru Persib Bandung Benjamin Mora atau Kim Do-hoon? Petinggi Maung Angkat Bicara

Ekspresi pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago di pinggir lapangan dalam laga lanjutan penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 antara Persis Solo melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022) malam. Persita Tangerang menang dengan skor 1-0 (1-0) berkat gol Elisa Yahya Basna (45'). TRIBUNNEWS/MUHAMMAD NURSINA
Ekspresi pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago di pinggir lapangan dalam laga lanjutan penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 antara Persis Solo melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/6/2022) malam. Persita Tangerang menang dengan skor 1-0 (1-0) berkat gol Elisa Yahya Basna (45'). TRIBUNNEWS/MUHAMMAD NURSINA (TRIBUNNEWS/MUHAMMAD NURSINA)

“Dulu kita menghadapi suporter pada saat di lapangan, sekarang di rumah pun pada saat kamu bangun nyalain HP itu sudah dihadapkan tapi kita sebagai manusia kita tidak boleh mengeluh. Kita harus adaptasi dengan dunia baru itu dan tetap hidup dengan baik,” jelasnya.

Jacksen mencoba pasrah bila dirinya harus hengkang. Ia menilai ini merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pelatih.

Untuk saat ini, Jacksen mengaku hanya ingin fokus di laga kelima Persis Solo kontra Bhayangkara FC.

Pertandingan Persis Solo vs Bhayangkara FC tersaji di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (19/8/2022).

“Kalau saya secara pribadi sudah saya sampaikan ke pemain tidak ada manusia yang hidup dalam tekanan seperti saat ini tapi apapun yang terjadi itu konsekuensi, tanggung jawab saya sebagai pelatih,” kata Jacksen.

“Di Brasil juga tekanan banyak, di sini banyak. Apapun yang terjadi itu tantangan hidup untuk jadi manusia yang lebih baik. Saya fokus secara pribadi untuk menerima hal seperti ini dan tidak berpengaruh dengan situasi yang buruk di sekitar saya,” katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
PSM Makasar
11
7
4
0
20
6
14
25
2
Bali United
12
8
0
4
25
15
10
24
3
Borneo
11
7
2
2
26
14
12
23
4
Madura United
12
7
2
3
19
11
8
23
5
Persita
12
7
1
4
20
16
4
22
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved