Liga Champions

Tak Hanya Replika Johan Cruyff, Satu Gol Haaland Ke Gawang Dortmund Sukses Catat Rekor Elite

Erling Haaland mengingatkan Pep Guardiola pada sosok Johan Cruyff. Pemain Norwegia itu bawa Manchester City raih hasil Liga Champions dengan maksmal.

Lindsey Parnaby / AFP
Striker Manchester City asal Norwegia Erling Haaland (tengah) mencetak gol dengan tendangan karate pada pertandingan sepak bola grup G Liga Champions UEFA antara Manchester City dari Inggris dan Borussia Dortmund dari Jerman di Stadion Etihad di Manchester pada 14 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Erling Haaland tak henti-hentinya mencatatkan namanya masuk dalam buku rekor.

Satu golnya ke gawang Borussia Dortmund dalam kemenangan 2-1 Manchester City di Liga Champions pada Kamis, (15/9/2022) sukses mengantarnya mencatat dua rekor mentereng.

Yang pertama, Haaland menjadi pemain tercepat yang mampu mencetak 25 gol di Liga Champions.

Baca juga: Gol Erling Haaland di Masa Lalu Ini Membuat John Vik Yakin Dia Bakal Jadi Pemain Top, Ini Videonya

Striker Manchester City Erling Haaland (tengah) melakukan tendangan untuk mencetak gol kedua timnya selama pertandingan grup G Liga Champions melawan Borussia Dortmund dari Jerman di Stadion Etihad di Manchester pada 14 September 2022.
Striker Manchester City Erling Haaland (tengah) melakukan tendangan untuk mencetak gol kedua timnya selama pertandingan grup G Liga Champions melawan Borussia Dortmund dari Jerman di Stadion Etihad di Manchester pada 14 September 2022. (Lindsey Parnaby / AFP)

Pemain asal Norwegia itu hanya membutuhkan 20 laga untuk mencatatkan namanya di papan skor dalam ajang paling bergengsi eropa itu.

Yang kedua, Erling Haaland menjadi pemain pertama yang selalu mampu mencetak gol di lima laga beruntun Liga Champions dengan dua klub yang berbeda.

Sebelumnya, eks penggawa RB Salzburg ini telah membukukan dua rekor yang tak kalah elite.

Ketajamannya di depan gawang di usia muda membawa ia memecahkan rekor sulit.

Haaland menjadi pemain temuda yang mencetak 20 gol di Liga Champions (20 tahun 231 hari).

Terakhir, pemain berusia 22 tahun itu menjadi pemain pertama Manchester City yang sukses mencetak gol debut di ajang Liga Inggris dan Liga Champions.

Gol Haaland Mirip Johan Cruyff kata Pep

Juru taktik The Citizens, Pep Guardiola tak henti-hentinya dibuat takjub dengan penampilan striker berpostur jangkung itu.

Guardiola menganggap gol Haaland ke gawang Dortmund tadi malam adalah replika dari gol Johan Cruyff beberapa tahun lalu.

"Mungkin orang-orang yang tahu saya paham betapa pentingnya Johan Cruyff dalam kehidupan saya sebagai individu, guru, dan juga manajer tim," kata Pep Guardiola dilansir laman resmi Man City.

Striker Manchester City asal Norwegia Erling Haaland (kanan) menonton bola selama pertandingan sepak bola grup G Liga Champions UEFA antara Manchester City dari Inggris dan Borussia Dortmund dari Jerman di Stadion Etihad di Manchester pada 14 September 2022.
Striker Manchester City asal Norwegia Erling Haaland (kanan) menonton bola selama pertandingan sepak bola grup G Liga Champions UEFA antara Manchester City dari Inggris dan Borussia Dortmund dari Jerman di Stadion Etihad di Manchester pada 14 September 2022. (Lindsey Parnaby / AFP)

Baca juga: Juventus Beban Italia di Liga Champions, Bianconeri Seperti Kehilangan Arah Bersama Allegri

"Bertahun-tahun lalu, dia (Cruyff) mencetak gol di Camp Nou lewat gol luar biasa ke gawang Atletico Madrid."

"Gol itu mirip dengan Erling Haaland hari ini dan tepat saat momen itu terjadi saya berpikir 'Johan Cruyff'. Sungguh mirip," lanjut pelatih asal Spanyol itu.

Jika dikalkulasi, Erling Haaland sudah menorehkan 13 gol dan satu assist hanya dalam sembilan penampilan di Manchester City musim ini.

10 gol diantaranya tercipta di ajang Liga Inggris, sedangkan tiga gol lainnya datang di kompetisi Liga Champions.

(Tribunnews.com/Deivor)

Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Arsenal
14
12
1
1
33
11
22
37
2
Manchester City
14
10
2
2
40
14
26
32
3
Newcastle
15
8
6
1
29
11
18
30
4
Tottenham
15
9
2
4
31
21
10
29
5
Manchester United
14
8
2
4
20
20
0
26
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved