Liga 1

Borussia Dortmund Tak Hadapi Persija Saat Tur Asia Tenggara, Thomas Doll: Bukan Keputusan Saya

Sejatinya Thomas Doll mengaku sempat berkomunikasi dengan pihak Dortmund, namun ia menyerahkan keputusan itu kepada manajemen Persija.

SURYA/PURWANTO
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll melakukan aksi salto usai timnya meraih kemenangan dalam laga lanjutan BRI Liga 1 antara Arema FC melawan Persija Jakarta di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (28/8/2022) malam. Arema FC kalah di kandang sendiri dengan skor 0-1 (0-1). Gol semata wayang Persija Jakarta dicetak oleh Michael Krmencik. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini menjelaskan kenapa mantan klubnya itu tak bertandingan melawan Persija saat menggelar tur ke Asia Tenggara. 

Borussia Dortmund Tak Hadapi Persija Saat Tur Asia Tenggara, Thomas Doll: Bukan Keputusan Saya

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Borussia Dortmund direncanakan akan melakukan tur di Asia Tenggara dalam waktu dekat. Tur itu dalam rangka mengisi jeda kompetisi karena ada Piala Dunia Qatar.

Tur Asia Tenggara yang akan dilakukan Dortmund itu direncanakan berlangsung pada 21 November hingga 1 Desember mendatang. 

Klub Bundesliga itu juga akan melawat ke Indonesia untuk menghadapi Persib Bandung dan Persebaya sebagai lawannya.

Kabar itu pun cepat beredar di media sosial, banyak publik yang bertanya-tanya mengapa Dortmund tak memilih Persija Jakarta sebagai lawan tanding.

Baca juga: Cemasnya Thomas Doll Jelang Persib vs Persija, Pemain Digerogoti Timnas, Singgung Soal Rivalitas

Baca juga: Pembagian Pot Drawing Piala Asia U20 2023, Timnas U-20 Indonesia Selevel China-Yordania

Persija dikait-kaitkan karena sang pelatih saat ini, Thomas Doll juga sempat mengarsiteki Die Borussen - julukan Dortmund, medio 2007/2008.

Persija Jakarta ternyata telah lebih dulu sepakat untuk menggelar uji coba dengan salah satu klub Korea Selatan. Kabarnya tim tersebut adalah Jeonbuk Hyundai Motors.

"Ini bukan keputusan saya. Saya pikir sebelum pandemi, kami sudah terlanjur bersepakat dengan klub Korea dan mereka juga tim bagus," ujar Doll.

Sejatinya Thomas Doll mengaku sempat berkomunikasi dengan pihak Dortmund, namun ia menyerahkan keputusan itu kepada manajemen Persija.

Baca juga: Di Balik Kemenangan Besar Persib, Luis Milla Kaget Barito Bisa Bobol Maung 2 Gol, Apa yang Terjadi?

Pelatih Persija Jakarta asal Jerman, Thomas Doll. Menjelang laga terakhir Persija di Piala Presiden 2022 melawan Madura United, Selasa (28/6/2022), Thomas Doll melontarkan kritik terkait kualitas penyelenggaraan turnamen pramusim tersebut. Thomas Doll blak-blakan menyebut lapangan latihan Persija di Stadion Segiri, Samarinda tak layak. Lapangan, kata Thomas Doll, seperti lokasi menggembala sapi di Jerman.
Pelatih Persija Jakarta asal Jerman, Thomas Doll. Menjelang laga terakhir Persija di Piala Presiden 2022 melawan Madura United, Selasa (28/6/2022), Thomas Doll melontarkan kritik terkait kualitas penyelenggaraan turnamen pramusim tersebut. Thomas Doll blak-blakan menyebut lapangan latihan Persija di Stadion Segiri, Samarinda tak layak. Lapangan, kata Thomas Doll, seperti lokasi menggembala sapi di Jerman. (instagram @persija)

"Saya memang menjalin kontak dengan Dortmund, tapi saya menyerahkan semuanya kepada klub, bulan yang lalu untuk bermain melawan tim korea," kata pelatih berusia 56 tahun itu.

"Ya, tentu saja semua orang senang Dortmund datang, tapi tidak mudah untuk kami mencoba untuk membuat turnamen 45 menit melawan Dortmund 45 menit vs Tim Korea, tapi itu tidak mungkin," lanjutnya.

Kendati demikian, ia pun senang ada dua tim yang akan menghadapi Borrusia Dortmund, menurutnya Dortmund merupakan tim yang fantastis.

"Saya senang 2 tim Indonesia berkesempatan bermain dengan Dortmund karena mereka klub fantastis, punya banyak pemain yang bagus, mungkin pada lain kesempatan untuk kami," sebut Doll.

Sejatinya, Thomas Doll juga sempat membawa Dortmund bertanding melawan skuad Liga Indonesia Selection pada tahun 2007.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta itu, Borussia Dortmund menang tipis 1-0 atas Indonesia Selection, Rabu (19/12/2007).

Mladen Petric menjadi eksekutor penalti pada menit ke-43 yang sekaligus menjadi gol satu-satunya yang tercipta di laga itu.

"Saya ingat 2008 atau 2007 saya ke sini (Indonesia), ya mungkin lain waktu kami akan menghadapi Dortmund," kata Doll.

(Alfarizy AF/M39)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Madura United
10
7
2
1
19
5
14
23
2
PSM Makasar
10
6
4
0
18
6
12
22
3
Persita
11
7
1
3
18
13
5
22
4
Bali United
11
7
0
4
22
13
9
21
5
Persija Jakarta
10
6
3
1
12
5
7
21
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved