Liga 1

Stadion Kanjuruhan Terlarang, Arema FC Belum Tentukan Kandang Baru Jelang Lanjutan Liga 1 2022

Menjelang bergulirnya kembali Liga 1 2022, manajemen Arema FC mengaku belum menentukan kandang baru setelah dilarang menggunakan Stadion Kanjuruhan

SURYA/PURWANTO
Kondisi Stadion Kanjuruhan di hari ke 19 pasca Tragedi Kanjuruhan, Rabu (19/10/2022). Presiden Joko Widodo akan merobohkan Stadion Kanjuruhan untuk dibangun kembali sesuai standar FIFA. Perobohan itu sebagai bentuk evaluasi sekaligus transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik setelah Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan ratusan orang. SURYA/PURWANTO 

Stadion Kanjuruhan Terlarang, Arema FC Belum Tentukan Kandang Baru Jelang Lanjutan Liga 1 2022

TRIBUNNEWS.COM - Arema FC dilarang menggunakan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pasca-tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa.

Menjelang bergulirnya kembali Liga 1 2022, manajemen Arema FC mengaku belum menentukan kandang baru.

Arema FC masih dalam masa hukuman akibat tragedi meninggalnya 135 korban di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: Respons Klub Liga 1 Soal Rekomendasi Komnas HAM, Bos Persib: Kalau Di-banned FIFA, Nangis Semua

Baca juga: Aremania, Bobotoh, Bonek, dan The Jakmania Bertemu di FGD, PSSI: Kita Akan Bersatu Lebih Banyak Lagi

Sesuai hasil sidan Komite Disiplin PSSI, Arema FC dijatuhi hukuman larangan bermain di Stadion Kanjuruhan, Malang, sampai musim berakhir.

"Kepada klub Arema FC dan panitia pelaksananya keputusannya adalah dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton sebagai tuan rumah."

"Dan harus dilaksanakan di tempat yang jauh dari homebase Malang. Kemudian itu jaraknya 210 kilometer dari lokasi," ucap Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Sorotan Persebaya Tekuk Arema FC 3-2, Kapten Singo Edan Omeli Maringa yang Blunder, Ada Sejarah Baru

Orang-orang memberikan penghormatan kepada para korban di stadion Kanjuruhan di Malang pada 5 Oktober 2022, menyusul penyerbuan yang menewaskan sedikitnya 131 orang dalam salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah sepakbola. - Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada tanggal 5 Oktober bahwa ia akan memerintahkan audit semua stadion sepak bola di negara ini, bersumpah untuk menemukan akar penyebab salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah olahraga.
 (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP)
Orang-orang memberikan penghormatan kepada para korban di stadion Kanjuruhan di Malang pada 5 Oktober 2022, menyusul penyerbuan yang menewaskan sedikitnya 131 orang dalam salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah sepakbola. - Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada tanggal 5 Oktober bahwa ia akan memerintahkan audit semua stadion sepak bola di negara ini, bersumpah untuk menemukan akar penyebab salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah olahraga. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP) (AFP/JUNI KRISWANTO)

Hingga kini, Arema FC belum menentukan venue atau stadion yang akan dijadikan kandang pada lanjutan Liga 1 2022/2023.

Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (PT AABBI), Tatang Dwi Arifianto, menyebut pihaknya masih berupaya mencari venue untuk skuad Singo Edan.

"Kepastian dimana venue Arema FC setelah mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI pasca tragedi Kanjuruhan tentu akan segera dipastikan," kata Tatang dikutip dari Tribun Jatim.

Venue untuk Arema FC rencananya baru akan ditentukan setelah ada kepastian format kompetisi Liga 1.

Mengingat sempat muncul wacana bahwa Liga 1 akan kembali menerapkan sistem bubble seperti ketika pandemi Covid-19.

"Menunggu keputusan format kelanjutan kompetisi nanti seperti apa," ucap Tatang.

Arema FC saat ini juga masih menunggu kepastian soal tanggal kick-off Liga 1 kapan bergulir.

Ada tiga opsi lanjutan Liga 1 yakni 18 November, 25 November dan paling lambat 2 Desember 2022.

Tak hanya itu, format kompetisi juga masih menjadi pembahasan, yaitu menggunakan skema home away atau centralized bubble.

"Dua hal tersebut (home away atau centralized bubble) masih menjadi bahasan. Namun kami yakin hal ini akan segera dipastikan secepatnya," ujar Tatang. (BolaNas/TribunJatim)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    21
    14
    3
    4
    37
    25
    10
    45
    2
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    3
    PSM Makasar
    22
    12
    8
    2
    39
    8
    22
    44
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved