Lewat Blognya, Rifa Memotivasi Generasi Muda Untuk Melawan Penyebaran Konten Hoax

Risih dengan menyebarnya hoax yang terjadi saat ini dan sangat masiv, seorang mahasiswi di Jakarta berupaya meminimalisir dengan tulisan.

Lewat Blognya, Rifa Memotivasi Generasi Muda Untuk Melawan Penyebaran Konten Hoax
Intisari
Ilustrasi berita hoax 

JAKARTA -- Risih dengan menyebarnya hoax yang terjadi saat ini dan sangat masiv, seorang mahasiswi di Jakarta berupaya meminimalisir dengan tulisan.

Rif’atunnisa (Rifa), seorang mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Universitas Terbuka Jakarta berhasil memenangkan lomba blog “Bagaimana Saya akan Melawan Konten Hoax” yang diselenggarakan oleh C2live pada Februari-Maret lalu.

Rif’atunnisa
Rif’atunnisa

Rifa berupaya melakukan upaya untuk melakukan perubahan nyata bagi terciptanya lingkungan internet yang lebih positif.

Melalui tulisannya yang berjudul “Cegah Hoax dengan 5 Peran Ini! Apa Sajakah?”, Rifa berhasil menjadi pemenang utama lomba ini dengan memberikan solusi inovatif untuk melawan persebaran hoax.

Menurut Rifa, persebaran konten hoax di Indonesia tidak bisa diatasi jika tidak dimulai dari diri kita sendiri.

“Beragam konten hoax bisa saja datang kepada kita setiap harinya, tapi kita bisa meminimalisir persebarannya dengan menyaring konten-konten tersebut dan tidak gegabah dalam menyebar luaskannya. Di sinilah blogger dan penulis dapat ikut ambil peran dalam mencegah persebaran konten hoax,” ungkapnya.

Dengan menjelaskan apa yang dimaksud dengan konten hoax dan bagaimana cara menghadapinya dengan bijak melalui tulisan, blogger dapat membantu masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada dalam menanggapi berita bohong.

Di sisi lain, menulis sendiri memang sudah menjadi hobi Rifa sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Rasa ingin berbagi mendorongnya untuk tetap menulis.

Akan tetapi, lebih dari sekadar berbagi, Rifa memiliki angan untuk memotivasi generasi muda agar mereka lebih sering berinisiatif memberikan dampak positif bagi bangsa.

“Saya berharap dengan menulis, saya akan memberikan motivasi dan inspirasi untuk banyak orang, terutama generasi muda, sehingga akan semakin banyak jiwa jiwa muda yang berani menuangkan gagasan, ide ataupun pengalamannya dalam sebuah tulisan. Dengan begitu, kita bisa saling belajar dan bisa saling menginspirasi orang lain,” jelas Rifa.

Berdasarkan tujuan itulah, Rifa kemudian menamai blognya sebagai “Famotiva” 一 “Fa” sebagai bagian dari namanya, dan “Motiva” dari kata “motivasi”. Karena alasan ini jugalah, Rifa memutuskan untuk ikut serta dalam lomba blog yang diadakan oleh C2live, yakni untuk memotivasi generasi muda agar mereka mau dan mampu melawan persebaran kontan hoax dengan cara sederhana yang bisa langsung dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Senada dengan hal tersebut, C2live selaku penyelenggara kompetisi blog ini juga memiliki keinginan untuk memajukan potensi generasi muda Indonesia, terutama blogger dan penulis, sehingga mereka bisa menghasilkan konten-konten brilian untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved