Breaking News:

Prototype iPhone Lawas nan Langka Dibanderol Tembus Rp 500 Juta

iPhone generasi pertama adalah perangkat yang mengubah sejarah gadget dan membuat Apple menjadi perusahaan terkya di dunia.

eBAy
Foto perangkat yang diklaim merupakan prototype iPhone generasi pertama 

TRIBUNNEWS.COM - iPhone generasi pertama adalah perangkat yang mengubah sejarah gadget dan membuat Apple menjadi perusahaan terkya di dunia.

Tak heran aneka memorabilia perkait ponsel ini bisa ditawarkan dengan harga selangit. Itu pula yang terjadi dengan sebuah ponsel yang diklaim sebagai protototype iPhone generasi pertama.

Perangkat yang bersangkutan pekan ini dilelang di situs eBay. Berdasarkan pantauan, Jumat (31/8/2018) sore, jumlah tawarannya sudah mencapai lebih dari 130.

Harganya pun sempat terdongkrak hingga lebih dari 36.000 dollar AS atau lebih dari Rp 500 juta.

Si penjualnya, seorang seller eBay bernama 321daddy, mengklaim bahwa perangkat langka tersebut merupakan prototype "DVT" alias design verification testing yang biasanya digunakan untuk pengujian sebelum tahap "PVT" atau prototipe terakhir sebelum produksi masal.

Baca: Ini Ucapan Shanda, Beberapa Saat Sebelum Dibegal

Sang ponsel disebut merupakan buatan tangan (handmade) dengan hardware custom, tahun 2006.

Ia masih berfungsi dan menjalankan Earthbound, sistem operasi internal Apple untuk keperluan pengujian dan pengembangan perangkat.

Sebelum iPhone resmi meluncur, almarhum pendiri Apple memang sempat menyebutkan bahwa perangkat itu bisa menjalankan OS X versi full.

Tentu saja, sebagaimana dirangkum dari Business Insider, Kamis (30/8/2018), meskipun terlihat sangat meyakinkan dalam rangkaian fotonya, perangkat ini belum tentu benar-benar merupakan purwarupa iPhone generasi pertama.

Beberapa jam setelah terakhir dipantau, listing sang perangkat di eBay tiba-tiba saja menghilang tanpa ada penjelasan.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved