Cara Oppo Pastikan Kualitas Produk Sebelum Dijual ke Pasar

Jika satu produk pada saat pengetesan dinyatakan ada yang tidak beres maka seluruh produk di satu line produksi tersebut tidak akan dijual.

Cara Oppo Pastikan Kualitas Produk Sebelum Dijual ke Pasar
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Ponsel OPPO 

Laporan Langsung Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy dari China

TRIBUNNEWS.COM, GUANGDONG -- Untuk memastikan kualitas produk sebelum dijual ke pasaran, Oppo terlebih dulu melakukan mechanical test atau drop tes di pabrik mereka.

Tribunnews.com berkesempatan melihat langsung tahapan tersebut saat berkunjung ke pabrik utama Oppo di kawasan Dongguan, Guangdong, Cina, Kamis (25/10/2018).

Baca: Konser Amal Gebyar Kebangsaan, Peduli Gempa Palu Donggala Pada Hari Sumpah Pemuda

Pada bagian mechanical test ini kita dapat melihat bagaimana produk Oppo Find X produk unggulan Oppo itu dibanting untuk memastikan kekuatan body dan layar.

Nantinya setelah dibanting akan ada petugas yang memastikan tampilan layar, kamera, maupun speaker tetap terjamin setelah dibanting.

Tidak hanya dibanting, tahapan ekstrem pada mechanical test selanjutnya adalah handphone dipelintir oleh mesin yang tujuannya kembali untuk memastikan kekuatan layar.

Saat itu handphone yang sedang pada tahapan pelintir juga produk Find X yang rilis di Indonesia pada Juli lalu dan dijual di kisaran Rp 12 juta.

Kemudian untuk memastikan kekuatan tombol power Finxd X, mesin akan menekan tombol power hingga 200 ribu kali sehingga handphone akan mati dan menyala selama sesi tersebut.

Pada tahapan uji kekuatan berikutnya adalah tes temperatur yang caranya produk-produk Oppo dimasukkan ke dalam kotak khusus yang kemudian diletakkan di dalam mesin yang suhu terpanasnya mencapai 85 derajat celsius dan mesin dengan suhu terdingin mencapai -45 derajat celcius.

Produk akan disimpan pada masing-masing suhu tersebut selama tujuh hari lamanya.

Namun tidak semua produk melewati tahapan tersebut pihak Oppo hanya memilih satu produk dari satu line produksi.

Jika satu produk pada saat pengetesan dinyatakan ada yang tidak beres maka seluruh produk di satu line produksi tersebut tidak akan dijual.

"Ini untuk 100 produk diambil satu samplingnya. Yang lolos keluar pabrik kalau satu bermaslah satu line dianggap bermasalah semua gak akan dijual," ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia di Pabrik Oppo di Cina, Kamis (25/10/2018).

Tidak hanya handphone, pada tahapan mechanical test kita juga akan melihat pengetesan kekuatan headset dengan cara talinheadset disangkutkan gandul seberat 1 kilogram (kg).

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved